Berikan PerlindunganTerhadap Konsumen

DPP Sudah Tera Ulang Sebanyak 301 Timbangan

Kadis Desperindag Ingot Ahmad Hutasuhut saat melakukan tera ulang di pasar belum lama ini

PEKANBARU --- (KIBLATRIAU.COM)--  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DPP) Kota Peaknbaru akan menera ulang timbangan di empat pasar. Hingga kini, sudah tIga pasar yang ditera ulang oleh DPP Pekanbaru, diantaranya Pasar Palapa, Pasar Rumbai dan Pasar Cik Puan.

Kepala  DPP Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, sesudah sidang tera ulang (STU) luar kantor bersama UPTD Metrologi Legal kemarin, menjelaskan setidaknya  ada 301 timbangan ditera ulang selama dua hari di Pasar Cik Puan.

''Pada hari pertama ada 166 timbangan yang kita tera ulang. Sementara pada hari , kedua 135 timbangan yang ditera,"ujar Ingot, Ahad (25/3).

Ingot menerangkan, bahwa  tera ulang dalam rangka penertiban alat ukur timbangan yang digunakan dalam transaksi jual beli di beberapa pasar. “Alat transaksi yang ditertibkan di antaranya timbangan yang digunakan oleh pedagang yang berada di pasar. Masih ada beberapa pasar lagi yang akan kita tera, seperti Pasar Simpang Panam dan sebagainya,"  sebut Ingot.


Lebih jauh Ingot menambahkan, sidang tera ulang ini dilakukan guna memberikan perlindungan terhadap konsumen, agar memperoleh barang yang dibeli sesuai dengan berat timbangannya.

"Karena untuk memastikan hak konsumen terjaga dan timbangannya benar-benar akur, maka dilakukanlah pengujian STU ini. Tentunya dengan menggunakan peralatan standar yang sebelumnya telah disahkan Direktorat Metrologi Bandung," pungkas Ingot. (HN)

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar