Pihak Puskesmas  Diminta Bagikan Masker 

Dinkes Imbau Masyarakat Pakai Masker dan Banyak Minum Air Putih

Drs Amin Msi

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Saat ini,  kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)  masih terlihat menyelimuti Kota Pekanbaru hingga Ahad (4/8/2019) ini. Bahkan,  masyarakat mulai mengunakan masker beraktivitas keluar rumah.

Menyikapi hal itu,  Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Drs Muhammad Amin MSi telah memberi instruksi kepada pihak puskesmas agar membagikan masker kepada masyarakat di masing-masing wilayah kerja.

"Ya kita  dari dinas sudah melakukan upaya untuk kewaspadaan dini dampak kabut asap," kata Amin, kepada wartawan, Ahad  (4/8/2019).

Aminn menerangkan, bahwa pihaknya juga sudah mengirim surat edaran ke puskesmas. Mereka diimbau untuk waspada dan melaporkan setiap hari terkait penyakit akibat dampak kabut asap tersebut. 

Selain itu,  Amin  menginstruksikan agar puskesmas melakukan promosi kesehatan. Hal ini untuk meningkatkan kewaspadaan dan melindungi diri dari bencana kabut asap.

"Untuk yang sudah punya riwayat gangguan paru-paru dan jantung segera konsultasi ke dokter. 

Caranya dengan pemberian masker serta untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. Terutama bagi yang menderita penyakit jantung dan gangguan pernafasan," ujar Amin yang juga menjabat Kepala Dinas Dalduk KB Pekanbaru ini.

Ditambahkan Amin,  selain itu masyarakat juga diimbau untuk menggunakan masker saat keluar rumah. Mereka juga harus banyak minum air putih  Selanjutnya melakukan pola hidup bersih dan sehat. Caranya makan makanan bergizi, tidak merokok dan istirahat yang cukup. (Nd/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar