Imbau Masyarakat Terapkan PHBS

Diskes Pekanbaru Catat Penderita DBD Capai 315 Kasus

Maisel Fidayesi,

PEKANBARU-- (KIBLATRIAU.COM)-- Hingga pekan ke-32 atau pekan pertama bulan Agustus 2019 ini, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mencatat jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) sudah mencapai 315 kasus. Sedangkan, penderita tertinggi tercatat di Kecamatan Payung Sekaki sebanyak 59 kasus disusul Kecamatan Tampan 55 kasus dan Sukajadi 41 kasus.  Selanjutnya Marpoyan Damai 35 kasus, Tenayan Raya 29 kasus, Bukit Raya 25 kasus, Senapelan 16 kasus, Rumbai 15 kasus. Kemudian Rumbai Pesisir dan Lima Puluh masing-masing 12 kasus, Sail 11 kasus dan Kecamatan Pekanbaru Kota 5 kasus.

''Total sudah tercatat sebanyak 315 kasus DBD hingga pekan ke-32 tahun 2019. Dan tertinggi di Kecamatan Payung Sekaki,'' ungkap Plt Kepala Diskes Pekanbaru Muhammad Amin MSi melalui Kepala Bidang P2P Diskes Kota Pekanbaru Maisel Fidayesi, Selasa (13/8/2019). Guna meminimalisir meningkatnya penderita demam berdarah, Maisel mengimbau sekaligus mengajak masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan menjaga kebersihan rumah dan lingkungan tempat  tinggal.

''Ya caranya dengan menerapkan 3M plus di antaranya menguras, membuang dan mengubur benda-benda bekas yang dapat menampung air. Karena akan menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab demam berdarah,'' ungkap Maisel.  Dijelaskan Meisel, jentik nyamuk aedes aegypti akan mudah berkembang biak di lingkungan yang kotor dan banyak genangan air. Itulah salah satu alasan masyarakat diajak dan diimbau untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. ''Denganberperilaku hidup bersih dan sehat. Maka lingkungan akan menjadi sehat, rumahnya sehat dan orangnya pun sehat,'' tutur Maisel. (Dl/Hen).
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar