Pemko Harus Komit Dalam Pengelolaan Pajak

Sistem Pajak Online Dongkrak Sumber Pendapatan Asli Daerah

T Azwendi

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri berharap Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal ini Bapenda menerapkan sistem online dalam pengelolaan sumber-sumber pajak di Kota Pekanbaru.  Baik itu pajak restoran, pajak parkir, pajak reklame, pajak PBB dan sumber pajak lainya. Hal ini menurut Azwendi dalam rangka mendongrak pendapatan pajak daerah, maka perlu upaya strategis yang dilakukan oleh pemerintah. Salah satunya dengan menerapkan sistem pengelolaan pajak online ini. ''Terkait pengelolaan pajak kami ingin diterapkan sistem online baik pajak restoran, pajak parkir, pajak reklame, pajak PBB diterapkan sistem online yang terintegrasi dengan pihak Bapenda sendiri sebagai penerima dan pengelola pajak, serta terintegrasi dengan BPK.Karena ini tercatat sebagai penerimaan pajak yang terhutang sehingga bisa diaudit,'' terang Azwendi, Selasa (13/8/2019).

Politisi Demokrat ini juga menilai, bahwa Pemerintah Kota saat ini sudah profesional dalam pengelolaan sumber pajak, terutama dalam sistem online mengingat saat ini juga Kota Pekanbaru sudah memiliki regulasi dan Perda yang mengatur soal pengelolaan sumber pajak. ''Pajak ini untuk kepentingan masyarakat juga, untuk pembangunan Kota Pekanbaru. Oleh sebab itu, gunakan sistem online jangan lagi secara manual. Dan kita rasa sudah profesional karena sudah ada regulasinya juga, perdanya juga ada tinggal keinginan Pemko saja mau atau tidak,'' ujar Azwendi.Namun, bila pelaku atau objek pajak tidak mau dengan diterapkan sistem online, maka diterangkan Azwendi, Pemko harus mengambil sikap dengan menyurati pelaku usaha bahkan memberi sanksi tegas.

''Kita rasa kalau kita serius dan komit dalam pengelolaan pajak ini, insya allah target PAD kita bisa tercapai. Dan pemko perlu juga mengekspos atau mempublikasi pelaku usaha penunggak pajak sebagai efek jera dan jadi pelajaran bagi pelaku usaha wajib yang lainnya,'' tutur Azwendi. Dalam kesempatan ini Azwendi juga menyampaikan Pemko lebih tranparan, akuntabel dalam pengelolaan sumber pajak, dan tentunya didukung oleh semua pihak, termasuk pihaknya di legislatif, karena diuraikan Azwendi pihaknya sudah menyiapkan anggaran di tahun 2020 untuk mensuport program-program dalam pengelolaan sumber pajak yang bertujuan untuk kesejahteraan dan pembangunan Kota Pekanbaru.(Mm/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar