Pertemuan Nasional KTNA Dilaksanakan 24 September

Walikota Pekanbaru Tinjau Kawasan Agrowisata di Kecamatan Rumbai

Walikota Pekanbaru, DR Firdaus ST MT foto bersama Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distakan) Kota Pekanbaru, Syahmanar Umar usai melakukan peninjauan ke agrowisata, Kecamatan Rumbai, Kamis (15/8/2019)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Jika tak ada halangan, Pekanbaru jadi tuan rumah Pertemuan Nasional Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) 2019. Rencananya kegiatan bakal berlangsung pada 24 September 2019 mendatang. Adapaun satu agenda yakni field trip di Kelurahan Agrowisata, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru. Walikota Pekanbaru, DR Firdaus ST MT melihat kesiapan lokasi field trip, Kamis (15/8/2019) lalu. Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Pekanbaru ini berharap panitia lokal bisa optimalkan melakukan berbagai persiapan. ''Saat ini sudah dilakukan persiapan. Bahkan persiapan sudah capai 70 persen,'' ungkap Firdaus. Sementara itu, luas lahan yang ada disana mencapai 20 hektar. Namun baru tergarap seluas 10 hektar.  Ada sejumlah jenis buah-buahan yang dibudidayakan disana. Seperti buah Melon, Pepaya dan Ubi serta komoditi lainnya.  

Selain itu, Firdaus juga mendorong anak muda bisa mengembangkan sektor pertanian, agar membuka lapangan kerja di Kota Pekanbaru. Caranya dengan berinovasi.  ''Kita bisa buktikan bahwa dengan lahan terbatas, kualitas pertanian di Pekanbaru bisa bersaing. Apalagi ada inovasi dan penerapan teknologi,'' ungkap Firdaus. Dijelaskan Firdaus, ia berharap KTNA bisa memotivasi anak muda. Apalagi satu sektor penunjang dalam pembangunan di Pekanbaru adalah pertanian.''Kita berharap agrowisata bisa jadi peluang usaha dan objek wisata baru,'' terang Firdaus.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distakan) Kota Pekanbaru, Syahmanar Umar yang ikut ke lokasi mengatakan, bahwa field trip ini untuk memperlihatkan keunggulan kawasan Agrowisata. Para peserta pertemuan nasional KTNA 2019 bisa melihat langsung komoditi unggulan disana. ''Seperti ada melon, cabe kriting,  bawang merah lokananta, pepaya california, cabe dewata dan aneka sayur. Para peserta diajak panen bersama dan membuat aneka olahan buah,'' ujar Syahmanar.

Ketua KTNA Kota Pekannaru, Awaldi Hasibuan mengapresiasi pemerintah daerah yang telah mendukung inovasi yang dilakukan tentang agrowisata. Sebab punya perhatian di bidang hortikultura. ''Kami sangat gembira karena ada perhatian terhadap petani yang ada di pinggiran Kota Pekanbaru,'' sebutnya. Diketahui, pertemuan KTNA 2019 di Pekanbaru adalah momen nasional. Nantinya bakal mempertemukan pelaku usaha tani yang tergabung dalam KTNA. Sebab, ada 1500 peserta dariberbagai daerah di Indonesia bakal hadir melihat perkembangan pertanian di Kota Pekanbaru. (Nd/Hen) 
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar