Cegah Konflik Antar Umat Beragama

FKUB Pekanbaru Gelar FGD SOP Pelayanan Pendirian Rumah Ibadah

FORUM Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Pekanbaru menggelar Focus Group Discusion (FGD) tentang pelayanan pendirian rumah ibadah di aula Kantor FKUB Jalan Arifin Ahmad, Rabu (21/08).

Laporan Kurniawan

Pekanbaru

  FORUM Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Pekanbaru menggelar Focus Group Discusion (FGD) tentang pelayanan pendirian rumah ibadah di aula Kantor FKUB Jalan Arifin Ahmad, Rabu (21/08). Adapun FGD yang mengangkat tema" Peningkatan Standar Oprasional Prosedur (SOP) Terhadap Pelayanan Pendirian Rumah Ibadah. Acara ini diikuti sejumlah camat se-Kota Kekanbaru, KUA se-Kota pekanbaru, Kesbangpol Kota Pekanbaru.  Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini Ketua FKUB Pekanbaru Ismardi Ilyas, MA Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru H Edwar S Umar.

''Hari ini kita melaksanakan FGD yang pointnya bagaimana memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih cepat, karena itu kita sempurnakan SOP-nya,''ungkap Ketua FKUB Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas. Dijelaskan Ismardi, pihaknya kedepan akan melakukan koordinasi untuk mencegah terjadinya konflik antar umat beragama. Selain itu,  meminta masukan dari para Camat dan KUA tentang potensi-potensi yang memungkinkan terjadinya konflik. ''Apa lagi baru-baru ini kita mendengar namanya kasus Ustad Somad,'' ujar Ismardi.

Dikatakan Ismardi, FKUB juga menghimbau masyarakat untuk dapat menahan diri baik dari pihak yang merasa dirugikan atau sebaliknya dan jangan sampai terprovokasi oleh namanya kasus-kasus tersebut. ''Kepada seluruh komponen masyarakat,terutama tokoh-tokoh agama agar dapat mendinginkan suasana dalam suasana yang kondusif dan saling menghormati. Selain itu, saling menghargai dan tidak ikut- ikutan saling mencela,'' harap Ismardi.***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar