Jadikan Energi Listrik 

Perusahaan Jerman Tertarik Investasi Untuk Pengolahan Sampah di Pekanbaru

Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT foto bersama usai menggelar pertemuan dengan perusahaan asal negeri panser tersebut, Kamis (22/8) di Jakarta.

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Saat ini, Kota Pekanbaru menjadi incaran bagi sejumlah perusahaan di belahan dunia untuk berinvestasi menanamkan sahamnya.Salah satunya datang dari perusahaan Jerman (SbwEnergy,red) yang tertarik untuk berinvestasi mengolah sampah di Pekanbaru untuk dijadikan energi listrik atau semacam pembangkit listrik dari pengolahan sampah. Demikian disampaikan Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT usai menggelar pertemuan dengan perusahaan asal negeri panser tersebut, Kamis (22/8) di Jakarta.

''Ya, mereka minat berinvestasi di Kota Pekanbaru,'' ujar Firdaus. SbwEnergy dijelaskan Firdaus bakal disondingkan dengan perusahaan daerah dalam mengolah sampah menjadi energi listrik. Tidak tanggung-tanggung, memiliki teknologi canggih berupa regenerator yang juga bakal bisa mengolah untuk memproduksi air minum bersih. Selain itu, SbwEnergy  mampu mengolah sampah sebanyak 1.000 ton perhari yang menghasilkan energi sebesar 20 MegaWatt (MW).

"Selain listrik, limbah yang dihasilkan dari pengolahan sampah tersebut, sebanyak 15 persen juga dapat diolah menjadi bahan bangunan seperti paving blok dan lain-lain,'' terang Firdaus. Mengenai regulasi atau kebijakan yang mengatur tentang investasi inipun, Firdaus mengatakan bahwa kebijakan nasional dari pemerintah pusat akan membantu bantuan pembiayaan pengolahan sampah dari APBN untuk energi listrik.''Ya, istilahnya itu Taiping p, yang mana seperti sebelumnya biaya operasional TPA disamakan untuk insentif dari bantuan tersebut,'' ungkap Firdaus. (Kur).
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar