Pemko Pekanbaru Tandatangani Kerjasama dengan UIR 

Walikota Pekanbaru Sampaikan Strategi dan Inovasi di Hadapan Ratusan Mahasiswa

Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT foto bersama dengan pihak UIR usai melakukan Penandatanganan kerja sama (MoU) dengan Universitas Islam Riau (UIR), Rabu (11/9/2019)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT melakukan Penandatanganan kerja sama (MoU) antara Universitas Islam Riau (UIR) dan Pemerintah Kota Pekanbaru di berbagai bidang serta sosialisasi smart city, Rabu (11/09/19) di Auditorium Lantai IV Rektorat UIR Pekabaru Jalan Kaharuddin Nasution. Dalam sambutan Rektor UIR Prof.Dr. H. Syafrinaldi SH., MCL mengatakan, bahwa pihaknya sangat apresisasi kerjasama yang ditandatangai Pemerintah Kota Pekanbaru. ''Kita berharap program sinergi akan dilakukan UIR dengan Pemerintah Kota Pekanbaru. Dengan begitu, akan menghasilkan banyak manfaat menjadi jalan pada program berikutnya. Semoga apa yang sudah kita upayakan dan direncanakan mendapat ridho dari Allah SWT,'' harap Syafrnaldi. Setalah melakukan penandatanganan MoU Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus langsung menyampaikan strategi dan inovasi dalam mewujudkan Pekanbaru smart City, dihadapan ratusan mahasiswa.

Dalam pemaparan itu, orang nomor satu di Kota Pekanbaru ini menjelaskan tiga strategi untuk mewujudkan masyarakat madani yaitu,-Revolusi Mental, Pemberdayaan, - dan Masyarakat Madani. Selain itu, Firdaus menjelaskan tentang Sejarah berdirinya Kota Pekanbaru.

Dalam penjelasannya, Firdaus mengatakan pembangunan di segala bidang dalam mewujudkan Pekanbaru smart city atau kota Pintar sudah menjadi kebutuhan. Hal itu seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi saat ini. ''Smart City yang kita dengungkan terdiri dari enam pilar. Makanya perlu diketahui dengan seksama,'' ujar Firdaus.Dijelaskan Firdaus, ke enam pilar tersebut yaitu Smart Govermance (Tata Kelola Pemerintah yang Pintar, Smart People (Penduduk yang Pintar). Selain itu, Smart Economy (ekonomi yang pintar), Smart Environment (lingkungan yang pintar) Smart Living (kehidupan yang pintar), dan Smart Mobility (mobilitas yang pintar).

''Oleh sebab itu, pilar-pilar ini sudah menjadi sebuah kebutuhan di Kota Pekanbaru. Makanya semua komponen harus cerdas menyikapinya, sehingga pembangunan terus meningkat di masa yang akan datang,'' sebut Firdaus. Di samping itu, Firdaus juga bercerita tentang Smart City yang Creative. Dimana pada saat ini, Pemko Pekanbaru akan membangun ekonomi kreatif yaitu Agrowisata yang tempatnya di Kecamatan Rumbai dengan melibatkan mayarakat disana membangun ekonomi kreatif, sebagai pengembangan pariwisata dan kemajuan kebudayaan. Turut hadir dalam acara itu, Rektor UIR Prof.Dr. H Syafrinaldi SH., MCL, beserta stafnya, Sekretaris Kota Pekanbaru, para Asisten, Kepala Dinas, Kepala Badan, dan Camat Bukit Raya serta para tamu undangan lainnya.(Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar