Tiga Titik Pelican Crossing Terpasang

Berikan Kemudahan bagi Pejalan Kaki Menyeberang

Seorang pelajar menekan tombol Pelican Crossing sebelum menyeberang di Jalan Riau kemarin

  PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Saat ini, Kota Pekanbaru memiliki tiga pelican crossing yang dapat dipergunakan masyarakat untuk menyeberang jalan. Dan yang terbaru, pelican crossing yang akan diaktifkan adalah yang terletak tak jauh dari halte bus Sarana Angkutan Umum Massal Trans Metro Pekanbaru (SAUM-TMP) Jalan Jenderal Sudirman. Pelican crossing adalah zebra cross yang dilengkapi tombol pengatur lampu lalu lintas. Pelican crossing sendiri adalah singkatan dari pedestrian light controlled crossing. Secara sederhana pelican crossing adalah zebra cross yang dilengkapi dengan alat kontrol lampu pengatur lalu lintas di tempat penyeberangan jalan.

Di Kota Pekanbaru Pelican Crossing menyebar di tiga titik berbeda. Ada dua titik pada ruas Jalan Jendral Sudirman dan satu titik lainnya berada di dekat Hotel Pangeran. Pelican crossing di titik itu kini tidak berfungsi karena rusak. Akan berfungsinya pelican crossing di Jalan Sudirman. Demikian diungkapkan Plt Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Pekanbaru Yuliarso SSTP MSi kemarin. Dijelaskan Yuliarso, keberadaan pelican crossing ini untuk membantu pejalan kaki menyebrang, karena lalu lintas di kawasan Jalan Sudirman cukup padat. ‘’Ada lampu warna hijau menandakan para pejalan kaki bisa menyeberang,’’ ujar Yuliarso.Pada lokasi pelican crossing di Jalan Sudirman yang segera beroperasi, pihaknya kata Yuliarso sedang pada proses menunggu aliran listrik. ‘’Ada meteran listrik yang akan segera dipasang. Kalau aliran listrik sudah masuk, bisa dioperasikan,’’ imbuh Yuliarso.

Sementara itu, pelican crossing yang sudah lebih dahulu dioperasikan adalah yang terletak di Jalan Riau, tak jauh dari Mal Ciputra Seraya. ‘’Ini sudah dua bulan operasional. Disana dipasang karena intensitas lalu lintas masyarakat yang menyeberang ramai,’’ urai Yuliarso. Dengan perkembangan Kota Pekanbaru yang pesat, beberapa titik lain di jalan-jalan protokol juga memerlukan penempatan Pelican Crossing.’’Banyak lokasi lain di Pekanbaru yang butuh. Tapi kita baru bisa akomodir untuk tiga lokasi saja saat ini,’’ tutur mantan Camat Rumbai Pesisir ini.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar