Untuk Meraih Pencapaian Innovative Government Awar

Plh Sekko Pimpin Rapat Penyusunan Laporan Inovasi OPD

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Kota Pekanbaru, H Azwan MS Pimpin Rapat Penyusunan Laporan Inovasi OPD, Selasa (22/10/2019)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Pemerintah Kota (Pemko) menggelar rapat penyusunan laporan inovasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Selasa (22/10). Rapat itu berlangsung di aula kantor Kesbangpol Pekanbaru dan dipimpin oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Kota Pekanbaru, H Azwan MSi. Hadir dalam acara itu,AsistenIII Baharudin SSos MSi, Asisten II Hj El Syabrina dan para OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. ''Rapat penyusunan laporan inovasi OPD ini kita laksanakan, tujuannya untuk meraih Innovative Government Award, sehingga penghargaan Innovative Government Award tersebut akan sendirinya kita dapatkan. Selain itu, kegiatan ini untuk mengejar dan meraih pencapaian penghargaan Innovative government Award,'' ungkap Azwan.Dijelaskan Azwan, adapun yang dibahas dalam rapat tersebut terkait bagaimana kedepannya OPD harus memenuhi sejumlah persyaratan indikator, regulasi, dan data pendukung tentang laporan inovasi tersebut.

''Dengan begitu, dari laporan yang dibuat, nantinya masing-masing OPD tersebut nantinya dapat menyampaikannya kepada Wali kota dengan data atau dokumen yang lengkap,'' sebut Azwan. Salah satu laporan yang dicontohkan Azwan adalah seperti berapa ketersediaan jumlah sumber daya manusianya dalam setiap OPD. ''Berapa sumber daya manusianya, kalau ada anggarannya berapa anggarannya. Begitu juga, kalau ada regulasinya apa bentuknya, apakah itu Perwako atau Perda kah,'' ujar Azwan.

 Lanjut Azwan,misalkan salah satu contoh inovasi kartu smart city madani yang mana telah diakui oleh tingkat nasional, ternyata, kata Azwan, karena Pemko terlambat memberikan laporan dalam bentuk inovasi, maka ini belum termasuk kriteria dalam pemenuhan persyaratan pencapaian Innovative government Award.''Nah yang seperti ini harus menjadi perhatian kita. Makanya jangan kedepannya kita sampai terlambat lagi. Perlu diketahui, jika kita bisa mendapatkan penghargaan IGA, maka kita mendapatkan dana insentive daerah sebesar 10 miliar dari IGA, 25 Milyar dari ketepatan APBD, dan 35 miliar UTP, kan ini sangat luar biasa, dengan angka yang sebegitu besar, maka kita harapkan kerjasama yang baik dari setiap OPD,'' harap Azwan. (Kur).
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar