LPMP Aceh dan Sekolah Model Aceh Kunjungi LPMP Ria

LPMP Riau Jadi Tolok Ukur bagi LPMP Aceh

Kasubbag Umum Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Riau Lelik Hidayati menerima cendera mata dari LPMP dan Sekolah Model Aceh dalam rangka pembahasan pelaksanaan sekolah model, Selasa (19/11/2019)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Riau menerima kunjungan dari LPMP Aceh dan Sekolah Model Aceh. Kunjungan ini dalam rangka membahas pelaksanaan sekolah model. Karena LPMP Riau dinilai sebagai salah satu tolok ukur bagi LPMP Aceh. Kunjungan LPMP Aceh yang berlangsung, Selasa (19/11/2019) diterima  Kasubbag Umum LPMP Riau, Lelik Hidayati SSos MM Aula Bambukuning, di Jalan Gajah No. 21 Pekanbaru. Pada kesempatan itu Lelik Hidayati menjelaskan, sekolah model adalah sekolah yang ditetapkan dan dibina oleh LPMP Riau untuk menjadi sekolah acuan bagi sekolah lain di sekitarnya dalampenerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri. "Sekolah model dipilih dari sekolah yang belum memenuhi standar nasional pendidikan (SNP) untuk dibina oleh LPMP Riau. Hal ini, agar dapat menerapkanpenjaminan mutu pendidikan di sekolah sebagai upaya untuk memenuhi 8 SNP," sebut Lelik Hidayati.

Dijelaskan Lelik Hidayati, pembinaan oleh LPMP Riau dilakukan hingga sekolah mampu melaksanakan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri. Sekolah model dijadikan sebagai sekolah percontohan bagi sekolah lain, yang akan menerapkan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri. Sekolah model memiliki tanggung jawab untuk mengimbaskan praktik, baik penerapan penjaminan mutu pendidikan kepada lima sekolah di sekitarnya. Dan sekolah yang diimbaskan ini selanjutnya disebut dengan sekolah imbas. Ditambahkan Lelik Hidayati, LPMP Riau dalam hal ini Seksi FPMP Riau melakukan sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Bimtek SPMI, pendampingan sekolah berbudaya mutu, monev sekolah berbudaya mutu, Bimtek Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME), monev SPME, diseminasi hasil. 

Widyaiswara LPMP Aceh, Drs Teuku Husni MPd mengatakan, terdapat 273 sekolah model di Provinsi Aceh, yang tersebar di 23 kabupaten di Aceh. Banyak sekolah di Aceh yang tidak mengetahui tentang apa itu sekolah model. Bagaimana cara mencapai 8 SNP dan bagaimana mempertahankan sebagai sekolah model dan pada akhirnya setelah melakukan pengkajian di LPMP Aceh, akhirnya banyak penggantian sekolah model yang belum layak menjadi sekolah model yang baru. Dijelaskan Husni, pendampingan ke sekolah model oleh tim widyaiswara sudah dilakukan oleh tim LPMP Aceh, dalam rangka menelaah kegiatan di sekolah model,
mengevaluasi dan memberikan pengarahan ke sekolah model agar sekolah yang sudah masuk kategori sekolah model dapat menerapkan 8 SNP. Audit Mutu Internaldilakukan LPMP Aceh. Seperti penyusunan instrument dan yang lainnya. (Df/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar