Berita Hoax jangan Disikapi dan Disebar 

Orang Berpendidikan Selalu Menyebar Berita Hoax

Salah satu nara sumber menyampaikan paparan dalam workshop Fenomena Cyber Crime

PEKANBARU-- (KIBLTARIAU.COM)-- Bersempena memperingati Hut yang ke-12, Harian Pekanbaru MX melaksanakan workshop  dengan tema Fenomena Cyber Crime . Bijak Bermedsos. Hebat. Dalam acara itu ada beberapa  nara sumber yang hadir di Ruangan Sutan Balia, Kampus Fisip Universitas Riau, Senin (30/4).

Salah satu nara sumber yang   hadir pada kesempatan itu Kombes Pol Gideon Arif Setiawan. Menurut Gideon dalam paparannya menjelaskan, banyak sekali faktor yang dilakukan oleh oknum penyebar berita hoax , sehingga dari berita hoax tersebut bisa mengarah ke cyber crime dan ke ranah pidana. 

"Makanya untuk menyikapi berita hoax itu kita harus bijak dan croscek terlebih dahulu. Jika berita itu hoax jangan disikapi dan disebar melalui medsos dan internet," ujar Gideon.

Diterangkan Gideon bahwa ciri-ciri berita hoax itu gambar yang disebar berbeda dengan teksnya. "Oleh sebab itu bijaklah bermedsos dan jangan sikapi berita hoax. Dengan begitu berita yang disebarkan itu tidak menimbulkan perpecahan, permusuhan yang mengarah ke tindak pidana," sebut Gideon.

Lebih jauh dikatakan Gideon sesuai hasil riset bahwa orang yang selalu dan suka menyebar berita hoax adalah orang yang berpendidikan dan intelektual."Untuk menghindari berita hoax harus memiliki peradaban cerdas. Kemudian melakukan croscek dan jangan menyebar berita yang menyesatkan. Dengan begitu kita tidak terjerat dengan hukum," ungkap Gideon.(HN)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar