Berikan Ceramah Agama di Masjid Nurul Haq y

Tiga Karakter Manusia yang Dapat Ridho Allah SWT. Ini Penjelasan Ustadz DR H Zulkarnain Umar Lc MA

Ustadz DR H Zulkarnain Umar Lc MA sampaikan ceramah agama di Masjid Nurul Haq Jumat (10/1/2020)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Pengurus Masjid Nurul Haq yang berada di Jalan Duyung, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai melaksanakan wirid rutin mingguan. 

Acara wirid ini digelar usai salat magrib dan selesai  menjelang salat isya.Untuk  kali ini,  Jumat (10/1/2020) ustadz yang memberikan ceramah agama yakni ustadz DR H Zulkarnain Umar Lc MA. 

Sementara pada wirid ini, ustadz membahas tentang sipat atau karakter yang manusia yang diridhoi oleh Allah SWT. Ada tiga karakter manusia yang sangat diinginkan Allah SWT yaitu moraqobah, muhajadah serta muhasabah.

"Kalau dikatakan muraqobah itu manusia yang sadar bahwa ia setiap saat dalam pengawasan Allah SWT. Jadi , ia selalu berbuat amal kebaikan serta bertawakal kepada Allah SWT. Sehingga takut untuk berbuat kesalahan," ujar Zulkarnain.

Dijelaskan Zulkarnain, selain itu muhajadah artinya manusia yang selalu bersungguh -sungguh untuk melakukan segala amal kebaikan dalam kehidupan dengan arti kata hanya  mengharap ridho Allah SWT."Dan yang terakhir manusia harus muhasabah. Ini artinya manusia diminta untuk mengevaluasi diri, apa saja yang telah dilakukan. 

Seperti apakah salat sudah benar, zakat dan amal lainnya. . Oleh sebab itu, dengan muhasabah, tentu kita akan  mengetahui sejauh mana perbuatan amal yang kita lakukan untuk taat kepada Allah SWT. Kalau merasa kurang , maka kita tingkatkan amal ibadah untuk mendapatkan ridho Allah SWT," tutur Zulkarnain. 

Lebih jauh disampaikan Zulkarnain, jika Allah SWT ridho, maka Allah SWT akan cinta, suka terhadap hambanya. "Karena, ridho ini merupakan hal yang sangat besar dan tiada taranya. Mudah-mudahan jika Allah SWT ridho kepada hambanya tentulah akan mendapatkan keberkahan dan dimasukkan kedalam surga nantinya,"  ujar Zulkarnain Umar.(Hen)

 

 

 

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar