Galeri Foto

Pelayanan MPP Pekanbaru Terlengkap di Indonesia

Menpan RB Resmikan Pengoperasian MPP Pekanbaru

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Pengoperasian Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru resmi dibuka. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Syafrudin Msi secara langsung meresmikannya, Rabu (6/3/2019). Terlihat hadir pada peresmian MPP itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo, Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa, Direktur Utama PT Taspen Iqbal Latanro. Selain itu,  Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edy Afrizal Natar Nasution. Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, Kepala Kejati Riau, Kakanwil Hukum dan HAM Riau, Kakanwil BPN Riau Lukman Hakim, Kakanwil Pajak Riau, serta
Kakanwil Bea Cukai Riau. Kemudian Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT, Wakil Walikota Ayat Cahyadi SSi, perwakilan kepala daerah se-Riau, Sekdako M Noer, Forkopimda Riau dan Pekanbaru, serta pejabat di lingkungan Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru. Grand Opening MPP diawali dengan penandatanganan MoU atau kerjasama pelayanan antara Walikota Pekanbaru dengan pimpinan 24 instansi pemerintah, lembaga, perbankan dan BUMD yang turut memberi pelayanan di MPP. Setelah itu,  dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Menpan RB Syafruddin yang didampingi Gubernur Riau Syamsuar dan Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT.

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Drs Syafruddin Msi usai melakukan peninjauan satu persatu stand di MPP kepada wartawan menyatakan, jika MPP Pekanbaru merupakan Mal Pelayanan Publik terlengkap di Indonesia dari 14 Mal Pelayanan Publik yang sudah diresmikan sejak tahun 2018 hingga 2019. ''Ya kita lihat tadi ruangannya cukup luas, servis cukup banyak, lengkap. Selain itu, terdapat 173 pelayanan perizinan dan non perizinan yang dilayani," ujar Syafruddin. Dijelaskan Syafruddin,  bahwa MPP merupakan inovasi pelayanan yang bertujuan memberi pelayanan berkualitas, sehingga masyarakat bisa terlayani secara efisiens, efektif dan mudah. "MPP ini memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang maksimal dan cepat. Sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik,'' kata  Syafruddin.

Walikota Pekanbaru DR Firdaus ST MT menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menpan RB yang telah menyempatkan waktunya untuk meresmikan MPP Pekanbaru. Sebab keberadaan MPP ini untuk memberikan pelayanan dan kemudahan kepada masyarakat. Dijelaskan Firdaus, bahwa MPP yang mulai dibangun pada 2018 lalu itu merupakan komitmen Pemerintah Kota dalam menyukseskan program Kemenpan RB dalam rangka
memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat dan pelaku usaha melalui pelayanan terpadu satu pintu.

''Memamg awalnya, ibu Deputi Pelayanan Publik sempat ragu ketika kita lihatkan lokasi pembangunan MPP ini. Namun kami optimis, pada tahun 2018 dimulai pembangunan dengan merenovasi lantai dasar kantor walikota. Alhamdulillah, dalam waktu sangat pendek, hanya 4 bulan, kami bisa menyelesaikan pembangunan MPP ini,'' ujar Firdaus. Saat ini, urai Firdaus, MPP dengan luas ruangan sekitar 4.000 meter persegi itu melayani sebanyak 173 perizinan dan non perizinan yang terdiri 96 perizinan ditangani DMP-PTSP dan 77 pelayanan oleh 24 instansi pemerintah, lembaga, perbankan serta badan usaha milik daerah. "Apa yang kita resmikan ini tahap pertama pelayanan. Nanti akan ada gedung B, Kantor Bappeda untuk pelayanan Disdukcapil. Untuk administrasi kependudukan ini 14 konter kami siapkan untuk pelayanan capil,'' terang Firdaus.

Di tempat yang sama, Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan apresiasi dengan dioperasikannya Mal Pelayanan Publik Pekanbaru. Dikatakan Syamsuar, bahwa MPP merupakan inovasi dalam pelayanan publik dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat dan akurat. "Yang mana dulu terpisah, tidak efisien, sekarang sudah bisa diproses dalam satu gedung melalui pelayanan terpadu satu pintu. Maka dari itu, kedepan akan bisa mempermudah bagi masyarakat untuk pelayanan pengurusan berbasis digital, sehingga prosesnya semakin cepat,'' sebut Syamsuar. Dengan adanya MPP,  Syamsuar berharap mampu membentuk Aparatur Sipil Negara (ASN) berintegritas, sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat akan semakin maksimal ke depannya. ''Untuk itu, atas nama Pemerintah Provinsi Riau kami sampaikan ucapan terima kasih kepada walikota atas pembangunan MPP. Semoga dengan adanya MPP ini,  mempercepat pelayanan yang akurat dan mudah bagi masyarakat,'' harap Syamsuar. 

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru M Jamil Mag Msi mengatakan, bahwa pihaknya mengucapkan terimas kasih kepada bapak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Drs Syafruddin Msi yang menyempatkan waktunya untuk datang ke Kota Pekanbaru dalam rangka meresmikan MPP. Selain itu, ia juga mengucapkan terim kasih kepada intansi yang membuka layanan di MPP ini, sehingga memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk melakukan pengurusan perizinan.''Ya keberadaan MPP ini dalam rangka mensukseskan program Kemenpan RB dalam memberikan pelayanan publik yang baik dan cepat. Maka dari itu, diharapkan dengan telah diresmikan MPP ini, sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat semakin mudah dan cepat,'' ungkap Jamil. Diketahui saat ini di MPP sudah membuka 173 layanan. Sementara itu,  sebanyak 24 tenant yang sudah terisi oleh beragam instansi. Sejumlah layanan sudah dibuka sejak akhir bulan Desember 2018 lalu.  Di antaranya DPMPTSP Pekanbaru, Ikatan Notaris Indonesia, Badan Pertanahan Nasional Pekanbaru, PDAM, BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Selain itu Bapenda Pekanbaru, Kantor Imigrasi Pekanbaru, Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau, BRI, Bank Riau Kepri dan BNI. Kemudian Bapenda Riau, Disdukcapil Pekanbaru, Jasa Raharja, Polda Riau dan BKPSDM Pekanbaru.(Hen)


GALERI DPMPTSP KOTA PEKANBARU

RABU 6-3-2019