Galeri Foto

DPPPA Pekanbaru Gelar Pelatihan Pemanfaatan Limbah bagi Perempuan

Manfaatkan Sampah Bernilai Ekonomis

PEKANBARU-- (KIBLATRIAU.COM)-- Dalam rangka meningkatkan perekonomian di tengah masyarakat, terutama bagi para perempuan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) menggelar pelatihan pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi barang berguna, Jum'at (29/3/2019). Acara itu berlangsung di Hotel New Hollywood Jalan Kuantan Raya,  Pekanbaru.  Pelatihan ini sendiri sudah dimulai sejak Kamis (28/3/2019) yang dibuka oleh Kepala Dinas DPPPA Drs Mahyuddin. Pelatihan diikuti oleh ibu - ibu yang berdomisili di Kota Pekanbaru.


Kepala DPPPA Drs Mahyuddin melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengarustamaan Gender Astra Mulberiyani SP menyampaikan,  bahwa  DPPPA juga  mempunyai tugas memberdayakan perempuan, terutama di bidang ekonomi sosial politik dan pendidikan. ''Oleh sebab itu, sebagai ibu rumah tangga, jelas perempuan memproduksi terbanyak limbah rumah tangga. Makanya kita harus sama - sama memberdayakan perempuan untuk memanfaatkan limbah menjadi hal yang berguna,'' ungkap Astra. Dijelaskan Astra, isu lingkungan mengenai sampah belum tertangani dengan baik. Jadi dengan memberdayakan perempuan dalam hal ini tentunya akan memiliki dua manfaat, pertama isu lingkungan mengenai kebersihan tertangani, kedua dengan dimanfaatkannya limbah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis bisa menambah tambahan penghasilan keluarga.

''Dalam pelatihan ini kita bagi kepada dua tahapan limbah. Pertama, limbah organik difermentasikan dengan EM 4 untuk menjadi pupuk. Kedua, limbah un organik seperti kaleng susu bekas jadi kotak tisu, kepala botol minuman jadi bross dan lain sebagainya,'' ujar Astra.

Ditambahkan Astra, dengan adanya kegiatan pelatihan ini, maka perempuan dapat memahami dan mengerti mengolah sampah yang organik dan non organik, sehingga  sampah yang didaur ulang itu akan bisa bermanfat dan bernilai ekonomis, terutama bagi keluraga.''Maka dari itu, pelatihan ini sangat banyak manfaatnya bagi kau perempuan. Dengan begtu, peran seorang perempuan bisa memberikan tambahan bagi keluarga serta mampu membantu tugas dengan laki-laki, sehingga perekonomian   di dalam keluraga bisa bertambah. Sebab, barang atau sampah yang diolah bisa bernilai,'' harap Astra. (Hen)


GALERI DPPPA Kota Pekanbaru

Jumat, 29-3-2019