Galeri Foto

Puluhan Ibu Rumah Tangga Antusias Ikuti Pelatihan Pemanfaatan Limbah yang Ditaja DPPPA Pekanbaru

Sampah Dijadikan Bahan yang Berguna dan Bernilai Ekonomis

PEKANBARU-- (KIBLATRIAU.COM)--Puluhan ibu-ibu rumah tangga yang ada di Kota Pekanbaru mengikuti pelatihan pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi barang berguna. Kegiatan yang ditaja Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Pekanbaru ini dalam rangka meningkatkan perekonomian di tengah keluarga. ''Ya kegiatan ini sangat banyak manfaatnya. Karena , ibu-ibu yang ikut ini bisa memanfaatkan barang sampah dan bisa di daur ulang menjadi barang yang berguna,'' ungkap Kadis Kepala DPPPA Drs Mahyuddin melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengarustamaan Gender Astra Mulberiyani SP Rabu, (3/4). 

Dijelaskan Asrta, bahwa para ibu-ibu rumah tangga yang ikut ini tentu mendapatkan ilmu pengetahuan tentang membuat keterampilan yang tidak ada nilainya, sehingga bisa dimanfaatkan menjadi barang berguna.''Contohnya dalam pelatihan itu, para ibu-ibu membuat kancing baju, kipas,  tempat tisu. Dengan adanya   pelatihan ini, maka ibu-ibu rumah tangga bisa berkreasi dalam membuat bahan yang dari sampah dan dijadikan barang berharga serta bernilai, sehingga bisa meningkatkan perekonomian keluarga,'' ujar Astra.

Diterangkan Astra, dinas DPPPA juga  mempunyai tugas memberdayakan perempuan, terutama di bidang ekonomi sosial politik dan pendidikan. ''Sebagai ibu rumah tangga, jelas perempuan memproduksi terbanyak limbah rumah tangga. Oleh sebab itu, mari kita harus sama - sama memberdayakan perempuan untuk memanfaatkan limbah menjadi hal yang berguna,'' imbau Astra.  Astra menerangkan, isu lingkungan mengenai sampah belum tertangani dengan baik. Oleh sebab itu, dengan memberdayakan perempuan dalam hal ini tentunya akan memiliki dua manfaat, pertama isu lingkungan mengenai kebersihan bisa tertangani, kedua dengan dimanfaatkannya limbah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis bisa menambah penghasilan keluarga.

''Pada pelatihan ini kita bagi kepada dua tahapan limbah. Pertama, limbah organik difermentasikan dengan EM 4 untuk menjadi pupuk. Kedua, limbah un organik seperti kaleng susu bekas jadi kotak tisu, kepala botol minuman jadi bross dan lain sebagainya. Para ibu-ibu rumah tangga ini sangat antusias mengikuti kehiatan yang kita laksanakan ini. Semoga kegiatan ini kedepannya bisa memberikan ilmu serta wawasan kepada ibu-ibu ini tentang pemanfaatan barang limbah, sehingga bisa dijadikan barang yang berguna,'' harap Astra.

Diketahui kegiatan pelatihan pemanfaatan limbah rumah tangga ini dimulai sejak hari Kamis (28/3/2019) yang lalu dan dibuka langsung oleh Kadis Kepala DPPPA Drs Mahyuddin di Hotel New Hollywood Jalan Kuantan Raya. ''Kegiatan ini kita bagi dengan tiga gelombang. Untuk yang pertama hari Kamis-Jumat, gelombang kedua hari Senin -Selasa. Dan gelombang yang terakhir hari Rabu (3/4) -Kamis (4/4) besok. Kita harapkan dengan adanya kegiatan pelatihan ini, maka perempuan dapat memahami dan mengerti mengolah sampah yang organik dan non organik, sehingga  sampah yang didaur ulang itu akan bisa bermanfat dan bernilai ekonomis, terutama bagi keluraga,'' tutur Astra.(Hen)


GALERI DPPPA KOTA PEKANBARU

Rabu 3-4-2019