Galeri Foto

Dinas DPPPA Pekanbaru Gelar Penyuluhan bagi Ibu-ibu Rumah Tangga di Kelurahan Sialang Rampai

Tingkatkan Peran Perempuan dan Bangun Keluarga Sejahtera


PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Pekanbaru yang dalam hal ini bagian Pengarustamaan Gender  melaksanakan penyuluhan bagi ibu-ibu rumah tangga dalam membangun keluarga sejahtera. Kegiatan itu berlangsung di RT 05, RW 02, Kelurahan Sialang Rampai,Kecamatan Tenayan Raya, Kamis (5/3/2020) sore. Kepala Dinas DPPPA Kota Pekanbaru Drs Mahyuddin yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pengarustamaan Gender AstraMulberiyani SP membuka kegiatan penyuluhan bagi ibu-ibu rumah tangga tersebut.Pantauan Kiblatraiau.com di lapangan terlihat para ibu-ibu rumah tangga hadir dalam kegiatan penyuluhan tersebut. Bahkan, ibu-ibu itu sangat senang dan bangga jika kegiatan penyuluhan ini yang pertama dilaksanakan di daerah tempat tinggal mereka. Selain itu, ibu-ibu sangat antusias sekali atas kedatangan dari pihak dinas DPPPA Kota Pekanbaru. 

Lurah Sialang Rampai, Mukhtaruddin mengatakan, bahwa ia sangat menyambut baik atas terlaksananya kegiatan penyuluhan terhadap ibu-ibu yang berada di Kelurahan Sialang Rampai ini. Sebab, kegiatan ini merupakan yang perdana dilaksanakan oleh DPPPA Kota Pekanbaru.''Kami sangat bangga dan senang kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan disini (Kelurahan Sialang Rampai red). Dan ini merupakan hal yang sangat istimewa. Sebab, ditetapkannya daerah kita ini tempat penyuluhan melalui penilaian dari dinas DPPPA. Oleh sebab itu, kita minta kepada ibu-ibu serius dan komitmen dalam mengikuti kegiatan ini. Terlebih lagi, dalam kegiatan ini banyak sekali ilmu dan wawasan yang didapatkan dari dinas DPPPA. Yang jelas kita ingatkan kepada ibu-ibu tetap kompak dan selalu bersinergi,'' harap Mukhtaruddin.

Sekretaris Camat Tenayan Raya Adzani Benazir SSTP dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh Dinas DPPPA Kota Pekanbaru ini sangat baik dan tentunya memberikan ilmu pengetahuan kepada ibu-ibu rumah tangga yang ada di daerah RT 5, RW 02 ini.Karena, Dinas DPPPA Kota Pekanbaru melaksanakan kegiatan ini dalam rangka untuk meningkatkan dan menambah wawasan, terutama dalam membuat keterampilan rumah tangga.''Jadi. kami atas nama pihak kecamatan sangat mendukung penuh kegiatan penyuluhan ini. Semoga diharapkan kepada ibu-ibu rumah tangga tetap serius dan selalu fokus dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan ini. Namun, yang terpenting, jaga kekompakkan serta hubungan antar sesama, sehingga apa program yang akan dibuat bisa dilakukan denga baik dan maksimal,'' ujar pria yang akrab dipanggil AB ini dengan senyum.

Diterangkan AB, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas DPPPA Kota Pekanbaru yang telah memilih, Kecamatan Tenayan Raya, khususnya di Kelurahan Sialang Rampai ini dijadikan tempat dalam melakukan penyuluhan.''Tentu, kami merasa senang dan bangga atas kegiatan penyuluhan bagi ibu-ibu rumah tangga ini. Semoga ilmu yang didapatkan oleh ibu-ibu bisa diimplentasikan dan digunakan dalam membuat berbagai macam keterampilan. Dengan begitu, diharapkan kedepannyadapat meningkatkan perekonomian keluarga,'' tutur AB.

Sementara itu, Kepala Dinas DPPPA Kota Pekanbaru Drs Mahyuddin yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pengarustamaan Gender Astra Mulberiyani SP menjelaskan, bahwa kegiatan penyuluhan terhadap ibu-ibu rumah tangga ini tujuannya  dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perempuan  dalam mewujudkan keluarga sehat sejahtera. Selain itu, kata Astra bahwa kegiatan penyuluhan terhadap ibu-ibu rumah tangga ini juga memberikan motivasi serta wawasan , sehingga ibu-ibu yang ada di Keluraha Sialang Rampai ini bisa melakukan dan berbuat hal-hal yang bermanfaat.''Penyuluhan yang kita lakukan ini sangat banyak manfaatnya. Seperti meningkatkan [eran dan partisipasi perempuan dalam pembangunan dalam rangka mewujudkan keluarga berkualitas. Nanti, setelah dibagi perkelompok, maka akan bisa dilakukan untuk membuat keterampilan, sehingga bisa meningkatkan perekonomian di dalam keluarga,'' sebut Astra.

Dijelaskan Astra, ia juga mengharapkan kepada ibu-ibu yang lebih kurang lima puluh orang ini benar-benar fokus dan serius dalam mengikuti penyuluhan yang dilaksanakan ini.''Karena, kami tidak ada apa-apanya jika tidak ada ibu-ibu sekalian. Oleh sebab itu, kami berharap dengan adanya penyuluhan ini tentu akan menambah wawasan dari ibu-ibu rumah tangga ini. Sehingga apa saja yang akan dilakukan harus melakukan kesepakatan bersama. Karena banyak sekali peluang-
peluang yang ada di Kelurahan Sialang Rampai untuk bisa dimanfaatkan. Contohnya disini ada kebun sawit, apa yang mesti dibuat. Selain itu, kita buat bermacam-macam keterampilan yang tujuan intinya untuk mensejahterakan keluarga,'' tutur Astra. Dalam kegiatan penyuluhan ini, Dinas DPPPA Kota Pekanbaru juga melaksanakan pembentukan kelompok  Turut hadir dalam acara penyuluhan ibu-ibu rumah tangga tersebut antara lain, Sekcam Kecamatan Tenayan Raya, Lurah Sialang Rampai, RT, RW serta dari pengerak PKK. (Hen)

ADVERTORIAL DINAS DPPPA KOTA PEKANBARU

KAMIS, 5-3-2020