Galeri Foto

Damkar Pekanbaru Soft Launching Layanan Aplikasi ''Smart Rescue''

Mudahkan Masyarakat untuk Memberikan Laporan Kebakaran 

PEKANBARU-- (KIBLATRIAU.COM)-- Dalam rangka tanggap darurat, Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Pekanbaru, melakukan soft launching aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam memberikan laporan Kebakaran Kamis (20/12). Aplikasi tersebut bernama ''Smart Rescue".  Aplikasi tersebut nantinya akan dilaunching saat ulang tahun Damkar tingkat nasional ke-100 di tahun 2019 mendatang.  Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT yang didampingi Kepala Dinas Damkar Pekanbaru, Burhan Gurning menyebutkan, dengan adanya aplikasi ini sangat memudahkan masyarakat dalam memberikan laporan tentang adanya bencana kebakaran dan musibah lainnya. "Saat ini koordinasi antara petugas Damkar, pihak Kepolisian dan PLN mengenai kebakaran sangat minim. Dengan adanya aplikasi ini petugas Damkar bisa melayani masyarakat dalam hal kebakaran lebih cepat. Bahkan petugas kita datang ke lokasi sigap dan cepat datang ke lokasi dan memadamkan api lebih cepat,'' ungkap Firdaus.

Firdaus menambahkan, bahwa aplikasi dikarenakan banyak warga yang tidak mengetahui nomor darurat untuk menghubungi dinas pemadam kebakaran. Hal itu yang sering menjadi penyebab lambatnya laporan terjadinya kebakaran. "Tadi saya juga menyarankan ke dinas Damkar nama aplikasinya ''Smart Rescue". Nantinya aplikasi ini bisa terintegrasi dengan pihak PLN dan kepolisian,'' sebut Firdaus.  Dijelaskan Firdaus,  Damkar juga telah melakukan kerjasama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Polresta Pekanbaru. Dimana
kerjasama yang dilakukan dengan PLN untuk memtuskan arus listrik saat kebakaran agar kebakaran tidak meluas saat kebakaran.  Sedangkan kerjasama dengan pihak Polresta Pekanbaru agar mengatur lalu lintas. Saat mobil pemadaman kebakaran untuk menuju lokasi kebakaran tidak terjadi kemacetan karena pihak kepolisian bisa mengatur lalu lintas. Sehingga petugas Damkar bisa datang ke lokasi kebakaran lebih cepat kurang dari 15 menit.

 ''Dengan aplikasi ini dan kerjasama dengan PLN dan Polresta Pekanbaru petugas kita bisa bekerja dan tidak menggunakan HT lagi menuju lokasi kebakaran,'' terang Firdaus. Lanjut Firdaus, untuk melakukan sosialisasi dengan dengan berbagai pihak terkait aplikasi ini, maka nantinya inovasi digital tersebut muncul dalam bentuk aplikasi layanan smartphone. ''Aplikasi ini nantinya  bisa diakses oleh masyarakat Kota Pekanbaru. Selain itu, diunduh melalui playstore pada smartphone berbasis Android. Caranya cukup gampang, yakni dengan masuk ke fitur Playstore dan lakukan pencarian di Google Play dengan mengetik kata "Smart Rescue". Nanti akan tampil aplikasi tersebut dan anda bisa menginstalnya,'' sebut Firdaus Firdaus juga berharap, dengan adanya aplikasi tersebut bisa memudahkan pelayanan terhadap pemadaman kebakaran di Kota Pekanbaru. Dan kecepatan Damkar dalam melayani masyarakat bisa teratasi."Inovasi yang dibuat dan kecapatan dalam pemadaman kebakaran tentunya respon damkar dan laporan masyarakat dalam kebakaran bisa teratasi. Dengan begitu, musibah kebakaran yang terjadi bisa secara cepat diatasi,'' tutur Firdaus. (Hen)


GALERI DAMKAR PEKANBARU 

Kamis, 20-12-2018