Tidak Berpotensi Tsunami

Sumba Barat Daya Diguncang Gempa Magnitudo 5.0

Ilustrasi gempa

NTT--(KIBLATRIAU.COM)-- Gempa bumi tektonik kembali mengguncang wilayah Nusa Tenggara Timur, Jumat (1/1/2021). Kali ini gempa dengan magnitudo 5.0 terletak pada koordinat 9,27 Lintang Selatan dan 119,03 Bujur Timur atau tepatnya di laut pada jarak 21 Kilometer arah barat laut, Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, pada kedalaman 83 Kilometer.Jika diperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi adalah jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan oblique naik (oblique thrust fault).

Stasiun Geofisika Waingapu menjelaskan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di Tambolaka IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Waingapu, Waikabubak, dan Bima III MMI.Terasa getaran seakan akan truk berlalu, Labuan Bajo II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.''Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,'' ungkapnya.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.Masyarakat diimbau untuk menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar