Bapenda Pekanbaru Gelar Pekan Panutan PBB-P2

Pastikan Camat dan Lurah untuk Kawal SPPT Sampai ke Tangan Masyarakat

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus ST MT foto bersama dslam acara pekan panutan PBB-2 Selasa (9/2/2021)

Laporan Hendri Zainuddin

Pekanbaru

PEMERINTAH KOTA Pekanbaru dalam hal ini Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melaksanakan acara Pekan Panutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Kota Pekanbaru Tahun 2021. Kegiatan itu berlangsung di Aula lantai 6, Komplek Perkantoran Tenayan Raya, Selasa (9/2/2021. Turut hadir pada acara ini Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT, Kabapenda Zulhelmi Arifin, Camat-se Kota Pekanbaru, Lurah l, Sekretaris Bapenda Adrizal, para Kabid di internal Bapenda , wajib pajak serta tamu undangan lainnya. 

Kabapenda Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin menjelaskan bahwa dalam acara ini pihaknya menyerahkan  sebanyak 277.961 lembar Surat Pemberitahuan Pajak Terhutan (SPPT) PBB yang di bagikan kepada 15 Camat secara simbolis.

"Sebanyak 227.961 lembar SPPT PBB se-Kota Pekanbaru. Dan , tadi hanya yang simbolis saja sisanya itu akan kita suplay lagi ke 15 Camat dan lurah yang ada di Pekanbaru. 

Setelah itu, SPPT PBB ini akan dibagikan ke wajib pajak. Dengan begitu, wajib pajak lebih cepat mendapatkanya dan segera membayarkan kewajibannya," ujar Zulhelmi.

Dijelaskan Zulhemi bahwa  kebijakan Pemko Pekanbaru pada tahun 2021 akan melanjutkan kebijakan tahun sebelumnya. Dimana dengan nilai SPPT PBB di bawah Rp100 ribu digratiskan, untuk nilai dibawah Rp 500 ribu diskon 50% dengan membayar Rp200 ribu, nilai Rp1 juta ke bawah sampai Rp 500 ribu diskon 25%.

 

“Kita terus memberikan kemudahan bagi wajib pajak. Saat ini pembayaran pajak bisa online melalui aplikasi traveloka atau bukalapak, bank, Indomaret. Ini kita lakukan agar wajib pajak semakin cepat dalam transaksi pembayaran PBB ini," sebut Zulhelmi.

Walikota Pekanbaru DR Firdaus, MT dalam kesempatan itu mengharapkan kepada 12 Camat yang diberikan SPPT PBB tersebut, untuk segera  membagikan SPPT PBB tersebut langsung ke tangan masyarakat, sehingga masyarakat patuh membayar pajak.

"Jangan hanya sekedar share saja kesini kesitu jadinya tidak sampai atau tetap aja dalam kardus SPPT PBB ini di kantor. Makanya jadi delivery langsung sampai ke masyarakat, pastikan Camat dan Lurah kalau sudah dibagikan ke RT/RW, itu sampai atau tidak ke masyarakat Wajib Pajak (WP) jadi harus kita kawal terus. Ini salah satu upaya kita agar masyarakat merasa senang dan patuh bayar pajak," harap Firdaus. 

Tambah Firdaus pihak, Bapenda, Camat dan Lurah jangan hanya membagikan SPPT PBB tersebut kepada masyarakat. Tetapi harus juga menginformasikan kepada masyarakat tentang SPPT PBB tersebut. Terlebih lagi,  tahun ini jumlah kecamatan bertambah dari hasil pemekaran. 

“Saya yakin, jika pelayanan kita cepat, ligat, dan akurat hasilnya akan baik. Dengan begtu, target bisa kita lampaui," terang Firdaus.

Sambung walikota dua periode ini bahwa 
di tengah pandemi ini pendapatan  PBB P2 tidak begitu terpengaruh, karena memang lahan tidak bertambah, tetapi banyak yang orang membangun usaha di lahan tersebut.

"Kita harus percaya, bahwa tidak ada kata yang tidak mungkin, asal kita kerja keras, cerdas, dan ikhlas. Dengan begitu insyallah hasilnya akan lebih baik kedepannya," tutur Firdaus.

Dalam kesempatan itu, Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT  juga melakukan pembayaran PBB, menandai mengawali pembayaran PBB. Selain pembayaran PBB juga dilakukan pemberian penghargaan kepada wajib pajak badan hukum dan perorangan yang taat membayar pajak. 

Namun yang lebih menarik lagi, dalam acara pekan panutan PBB-2 itu dilaksanakan pencabutan undian untuk pemberian hadiah kepada wajib pajak dengan hadiah utama yakni satu unit mobil Toyota Agya,  sepeda motor, kulkas dan kipas angin. ***

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar