Layani Pembayaran dan Pengesahan

Pemprov Riau Tambah 10 Kantor Samsat Baru

Pemprov Riau buka kantor Samsat

PEKANBARU-(KIBLATRIAU.COM)- Pemerintah Provinsi Riau, menambah 10 kantor Samsat sebagai langkah memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Empat diantaranya mulai melayani pengurusan sejak Senin (12/4/2021).

Empat kantor baru itu pertama kantor Samsat Lubuk Dalam di Rawang Rao, Siak, Samsat Sei Kijang di Bandar Sei Kijang, Pelalawan, Samsat Baserah di Taluk Kuantan dan Samsat Pinggir di wilayah Duri, Bengkalis.

Ini artinya, kata Kepala Bapenda Provinsi Riau, H Herman SE MT, enam kantor ada Samsat baru lainnya menyusul akan dibuka dalam waktu dekat ini.

Sisa enam lainnya jelas Herman, yakni kantor Samsat Tapung Hilir, Samsat Kempas, Samsat Ukui. Lalu, kantor Samsat Pujud, Samsat Belilas sama Samsat Rupat. 

'InsyaAllah dalam waktu dekat enam kantor Samsat itu juga segera beroperasi,'' sebut Herman.

Herman mencacat, atas penambahan 10 kantor Samsat itu. Maka, sampai saat ini  Provinsi Riau saat ini telah memiliki 43 Kantor pelayanan Samsat.

''Kita juga dibantu dengan keberadaan 5 armada Samsat Keliling,'' sebut Herman.

Dalam prakteknya, sambung Herman, 10 kantor Samsat baru ini difungsikan sebagai kantor Samsat pembantu. Dimana, disana hanya melayani pembayaran pajak kendaraan tahunan atau pengesahan. 

''Untuk pembayaran pajak kendaraan lima tahun atau perpanjangan, wajib pajak tetap harus ke Samsat induk,'' papar Herman.

Sedangkan, untuk jam operasional untuk kantor Samsat baru tersebut, untuk Senin sampai Kamis, pelayanan dimulai dari jam 8 pagi hingga jam 2 siang. 

Kemudian, jam buka di hari Jumat pelayanan dipersingkat dari jam 8 pagi hingga jam 11 siang. Sementara untuk hari Sabtu, pelayanan hanya dilakukan setengah hari yaitu dari jam 8 pagi hingga jam 12 siang.

''Dibukanya 10 Kantor Samsat baru ini, atas pertimbangan lokasi dari setiap Kantor Samsat yang ada cukup berjauhan,'' ungkap Herman. 

Artinya, sambung Herman, memberikan kenyamanan dan juga keselamatan masyarakat, adalah tujuan perlunya menghadirkan pelayanan Samsat sedekat mungkin.

''Alhamdulillah, tim pembina Samsat lainnya juga support. Pihak Kepolisian dan Jasa Raharja siap back up kita. Semuanya demi melayani masyakarat,'' lanjut Herman.

Selain pembayaran pajak tahunan Samsat pembantu ini juga melayani pencetakkan STNK/SKPD untuk wajib pajak yang melakukan transaksi pembayaran melalui aplikasi e-Samsat Riau. 

''Tinggal bawa bukti bayar dan persyaratan lainnya seperti KTP asli pemilik kendaraan juga STNK dan SKPD asli. Nanti petugas disana siap bantu cetakkan,'' tutur Herman. (Hd)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar