Bisa Tularkan Pengalaman bagi Pemain Muda  

Bakal Jadi Asisten Pelatih Timnas Italia

Andrea Pirlo

Bola.net -(KIBLATRIAU.COM)--  Maestro sepakbola Italia, Andrea Pirlo, dikabarkan bakal kembali ke timnas Italia. Tentu saja bukan sebagai pemain karena dia sudah pensiun. Pirlo kembali dengan peran sebagai jajaran pelatih. Dikutip dari Ansa, Pirlo dalam waktu dekat akan segera diumumkan masuk dalam jajaran tim kepelatihan Italia. Pirlo akan menjadi asisten bagi pelatih kepala Roberto Mancini.

Pirlo sendiri baru saja memutuskan untuk pensiun sebagai pemain profesional akhir tahun lalu. Sosok yang ikonik dengan kemampuan passing dan eksekusi free kick tersebut pensiun pada usia 39 tahun di klub asal Amerika, New York City. Dengan statusnya sebagai legenda timnas Italia, Pirlo diyakini bisa jadi sosok penting. Dia punya banyak pengalaman yang bisa ditularkan pada skuat Italia yang kini banyak dihuni para pemain usia muda. 

Pirlo kini sedang menjalani kursus lisensi kepelatihan yang memungkinkan dia bisa jadi asisten pelatih timnas Italia. Eks pemain AC Milan telah mengambil lisensi di Coverciano dan akan menjalani ujian akhir di bulan September. Ansa menyebut negosiasi antara Federasi Sepakbola Italia [FIGC] dan Pirlo kini sedang digelar. Pirlo disebut tidak akan menolak peran baru yang akan diberikan padanya.

Sementara, FIGC ingin pengalaman Pirlo yang pernah menjadi juara Piala Dunia 2006 ditularkan pada pemain Italia. Sebab, Italia sedang membangun pondasi baru usai gagal tampil di Piala Dunia 2018 lalu. Soal lisensi kepelatihan, Pirlo disebut tak bakal kesulitan memenuhinya. Pirlo dan FIGC juga sudah memiliki kesamaan prinsip. Hubungan Pirlo dengan Mancini juga cukup baik. Tapi, ada satu faktor yang bisa jadi penghalang. Saat ini, Pirlo terikat kontrak eksklusif dengan Sky Sport untuk jadi pundit di ajang Liga Champions musim 2018/19. Meskipun disebut tak terlalu signifikan, tapi hal ini bisa jadi masalah jika FIGC, Pirlo dan Sky Sports tidak segera menyelesaikannya.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar