Sempena Hari Kedokteran Hewan Sedunia

UPTD Wilayah II Dinas Peternakan dan Perikanan Siak Gelar Pengobatan dan Vaksinasi Gratis

Dinas Peternakan dan Perikanan Siak menggelar pengobatan dan vaksinasi rabies gratis di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang berada di Kecamatan Kandis, Kamis (29/04/2021) lalu.

SIAK--(KIBLATRIAU.COM)-- Bersempena peringati Hari Kedokteran Hewan Sedunia (World Veterinary Day) 2021, UPTD wilayah II Dinas Peternakan dan Perikanan Siak menggelar pengobatan dan vaksinasi rabies gratis di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang berada di Kecamatan Kandis, Kamis (29/04/2021) lalu.Kegiatan yang diperingati setiap hari sabtu di minggu ke empat April ini, telah menarik sejumlah pecinta hewan untuk memeriksa kesehatan peliharaannya, pengunjung yang didominasi oleh pemilik kucing ini, terlihat membawa berbagai jenis kucing yang terlihat lucu, mulai dari kucing domestik, ras campuran, persia hingga kucing
yang diimpor langsung dari luar negeri.


Kepala UPTD WIL II Dinas Peternakan dan Perikanan Siak, drh Supri menjelaskan, bahwa peringatan ini juga ditujukan dalam rangka mempromosikan pentingnya peran dokter hewan, sebagai profesi yang turut berkontribusi dalam upaya peningkatan kesehatan dimasyarakat, juga untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kesejahteraan hewan terutama kesehatannya. Selain itu juga sebagai edukasi kepada masyarakat tentang bahayanya penyakit dari hewan yang bersifat zoonosis, sekaligus memberikan pemahaman penyakit infeksi baru (Emerging Infectious Diseases) pada manusia, yang 75 % bersifat zoonosis. 

''Zoonosis merupakan penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia atau sebaliknya", terang Supri. Kata dia, pelayanan gratis yang mereka lakukan adalah pemeriksaan kesehatan hewan, pengobatan hewan, vaksinasi rabies, sterilisasi jantan dan betina. ''Alhamdulillah, pelayanaan pengobatan hewan di acara ini sebanyak 20 ekor, vaksinasi rabies ada 30 ekor, untuk steril jantan 3 ekor dan steril betina 2 ekor, dengan kegiatan ini. Semoga masyarakat lebih peduli dengan kesehatan hewannya, seperti program pengendalian penyakit, diantaranya vaksinasi dan anti cacing rutin pada hewannya,'' ujar drh Supri.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Siak, drh Hj Susilawati yang turut hadir dalam kegiatan itu mengapresiasi kepada tim UPTD Puskeswan wilayah II Siak atas inisiatif dan inovasinya dalam memeriahkan kegiatan World Veterinary Day tahun ini.  Dia berharap setiap petugas dapat bekerja dengan baik untuk kepentingan bersama. Semoga semakin mengenalkan pentingnya peran dokter hewan dalam pemberantasan penyakit menular pada hewan dan manusia atau dikenal dengan penyakit zoonosis,'' sebut srikandi Siak itu.


Irma (25), salah satu pemilik kucing yang ikut dalam kegiatan tersebut mengaku senang, dia bahkan berharap kegiatan tahunan itu bisa terus berlanjut, karena bagi dia, kesehatan hewan peliharaan juga dapat mempengaruhi kesehatan pemiliknya. ''Kalau kucingnya sakit trus nularin penyakit, kan jadi rugi sendiri", singkat wanita berparas cantik itu. (Sk/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar