Distankan Beri Panduan 

Perhatikan Beberapa Hal bila Membeli Hewan Kurban

Ilustrasi hewan kurban

PEKANBARU --(KIBLATRIAU. COM) -- Menjelang hari raya Idul 1439 H untuk kurban,  umat muslim mulai ramai mencari hewan untuk kurban. 

Menurut Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru, Firdaus, Rabu (15/8/2018) mengingatkan masyarakat agar lebih berhati-hati dalam memilik hewan kurban.

Dikatakan Firdaus,  bagi masyarakat yang akan membeli hewan kurban ada beberapa hal yang mesti harus diperhatikan. Di antaranya dengan mengecek ciri-ciri fisik dari hewan tersebut. Mulai dari kaki, mata dan telinga serta postur tubuhnya.

"Hewan yang sehat bisa kita lihat dari fisiknya. Kakinya tidak pincang, matanya tidak buta, telinga tidak puntung dan badanya tidak terlalu kurus," kata Firdaus. 

Selain itu, yang perlu ditanyakan warga kepada pedagang atau peternak, adalah surat kesehatan hewan. 

Jika pedagang atau peternak bisa menujukkan surat kesehatan hewan yang dikeluarkan dinas terkait, maka hewan yang dijualnya sudah melalui proses pemeriksaan oleh dinas terkait.

"Tanyakan juga ke peternak atau pedagang apakah ada  tidak surat kesehatan hewan yang dikeluarkan oleh dinas pertanian atau tidak, ini penting untuk memastikan kesehatan hewan yang akan kita beli" ungkap Firdaus.  (Sy)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar