Tingkatkan Pendidikan Dasar dan Dukung Kurikulum 1

Pemko Jalin MoU Program Pelita Pendidikan dengan Tanoto Foundation

Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT foto bersama dengan pihak Tanoto Foundation serta pejabat di lingkungan Pemko PekanbaruRqbu (15/).

PEKANBARU--(KIBLATRIAU. COM) -- Demi mendukung program Kurikulum 13 (K13) dari Kementerian Pendidikan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan melakukan perluasan terhadap dukungan peningkatan kualitas pendidikan dengan bekerjasama bersama Tanoto Foundation.

Pelaksanaan program tersebut akan direalisasikan bersama tenaga fasilitator yang dibentuk oleh Tanoto Foundation, dalam program Pelita Pendidikan pada jenjang tingkatan SD/MI dan SMP/MTS. 

"Alhamdulillah kita sudah tandatangani MoUnya. Dalam menjalankan program, Tanoto Foundation akan menggunakan pendekatan sekolah secara menyeluruh yang melibatkan semua unsur sekolah.  Seperti guru, kepala sekolah, masyarakat dan siswa," sebut Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT usai menandatangani MoU dengan Tanoto Foundation di kantor Wali Kota, Rabu (15/8/2018).

Firdaus menjelaskan, pengembangan praktik-praktik pendidikan akan dilakukan dalam pembelajaran guna meningkatkan literasi, sains, serta numerisasi siswa. Hal itu juga termasuk meningkatkan kualitas pendidikan guru pra dalam jabatan yang lebih menekankan pada kegiatan praktik sekolah.

"Tidak itu saja, Tanoto Foundation akan memberikan beasiswa, pelatihan kepada guru, pemberdayaan masyarakat.  

Selain itu, perbaikan akses kesehatan dan air bersih, pemberian hibah penelitian serta pengembangan pendidikan anak usia dini," sambung Firdaus.

CEO Tanoto Foundation Satrijo Tanudjojo yang hadir mengatakan bahwa program yang akan diintegrasikan kepada sejumlah sekolah ini dinilai sangat penting dan dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar.

"Bantuan yang diberikan berupa teknis pelatihan dan pendampingan untuk guru.  Di mana  dilakukan pada tingkatan SD sebanyak 12 sekolah, MI 4, SMP 6, dan MTS 6 sekolah," ungkapnya. 

Ditambahkan lagi, mata pelajaran yang akan difokuskan dalam program ini, yakni IPA, IPS, Bahasa dan Matematika. 

"Fasilitator yang sudah kita seleksi berjumlah 32 orang. Dan pada 28 Agustus mendatang, kita akan melaksanakan TOT-nya secara provinsi," sebut Satrijo. 

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru H Abdul Jamal Mpd menjelaskan,  bahwa ia sangat mendukung  program yang akan dilakukan oleh Tanoto Foundation,  karena program ini dalam rangka menunjang Kurikulum 13 yang diluncurkan dari pusat. 

 Selain itu,  dalam program ini juga para guru diberikan pelatihan secara matang oleh instruktur yang professional,  sehingga akan meningkatkan ilmu pengetahuan sesuai jurusan masing-masing. 

"Setelah diberikan pelatihan nanti, maka guru nantinya akan mahir untuk mengajarkan Kurikulum K 13. Dengan begitu, ilmu yang telah didapatkan akan bisa dimplementasikan kepada anak-anak, " ungkap Jamal. 

Diterangkan Jamal,  setelah dilatih oleh instruktur yang bertaraf nasional,  maka kedepan pihaknya akan bersinergi dengan Tanoto Foundation agar membantu menyediakan  pembelajaran. 

"Kita juga akan meminta kepada pihak Tanono Foundation agar menyediakan media pembelajaran.  Seperti buku,  infokus dan yang lainnya.  Dengan begitu,  nanti para guru bisa menerapkan kepada anak-anak tentang K 13," terang Jamal. (Hen) 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar