Tim Distankan Sudah Periksa 3 Ribu Ekor Hewan Kurb

Tidak Ditemukan Hewan yang Terkena Penyakit

Ilustrasi hewan kurban

PEKANBARU - (KIBLATRIAU. COM) -- Sepekan ini tim dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru sudah memeriksa ribuan hewan kurban. 

Dari data yang dihimpun di Distankan Kota Pekanbaru, setidaknya ada 3.024 ekor hewan kurban yang sudah dilakukan pemeriksaan. Rincianya, 2800 ekor sapi dan 224 ekor kambing.

Ribuan ekor sapi dan kambing tersebut diperiksa oleh petugas saat melakukan pengawasan ke sejumlah lokasi peternak dan pedagang hewan kurban. Lokasinya ada di wilayah Rumbai, Rumbai Pesisir, Kecamatan Tenayan Raya dan Marpoyan Damai. 

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, sejauh ini pihaknya belum menemukan adanya hewan kurban yang cacat atau terindikasi terkena penyakit. 

"Hewan yang sehat itu matanya jernih, mulut tidak mengeluarkan cairan, telinganya utuh, kaki tindak pincang. 

 Selain itu,  bentuk tubuhnya jika dilihat dari belakang simetris, bulunya cerah mengkilat dan umurnya harus diatas dua tahun," kata Kepala Bidang (Kabid) Peternakan, Distankan Kota Pekanbaru, Riyantoni, Selasa (21/8/2018)

Dijelaskan Riyantoni,  pihaknya kembali mengingatkan kepada pembeli yang akan membeli hewan kurban agar benar-benar memperhatikan kesehatan hewannya. Untuk memastikan hewan tersebut sehat atau tidak bisa dilihat dari fisik hewan.(Sy)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar