Menyongsong Tahapan Pemilu 2024

KPU Riau Tuntaskan Safari Pemilu ke Partai Politik Tingkat Provinsi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau telah menyelesaikan agenda kunjungan kerja “Safari Pemilu” ke sejumlah Partai Politik (Parpol) tingkat Provinsi Riau, Jum’at (18/02/22)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau telah menyelesaikan agenda kunjungan kerja “Safari Pemilu” ke sejumlah Partai Politik (Parpol) tingkat Provinsi Riau, Jum’at (18/02/22). Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir di ruang kerjanya kepada tim Hupmas Sekretariat KPU Riau.''Hari ini 2 (dua) tim telah menyelesaikan agenda kunjungan kerja “Safari Pemilu” yang memang menjadi salah satu agenda kegiatan KPU Riau dalam menyongsong Tahapan Pemilu 2024,'' ungkap Ilham Muhammad Yasir.

Tim pertama dipimpin oleh Komisioner Nugroho Noto Susanto Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM didampingi oleh Kabag Hukum dan SDM Ricky Kurniawan dan staf, berkunjung ke Partai Perindo. Sementara tim kedua dipimpin oleh Komisioner Abdul Rahman Divisi Program dan Data yang didampingi oleh Kabag Teknis dan Parmas Nirson beserta staf berkunjung ke Partai Gelora.''

Alhamdulillah keduanya diterima dan disambut baik oleh para pengurus kedua Parpol. Sementara dari informasi yang diperoleh, pembahasan kurang lebih sama dengan kunjungan sebelumnya, seperti proses penyusunan Daerah Pemiliha (Dapil), estimasih jumlah TPS, data Pemilih serta proses verifikasi partai politik,'' ujar Nugroho.


Dari pengamatan tim hupmas riu.kpu.go.id, masih terdapat 2 Parpol yang terdaftar di Kesbangpol Provinsi Riau namun belum dikunjungi oleh KPU Riau hal tersebut dikonfirmasi ke Kordiv Teknis Penyelenggara Joni Suhaidi selaku pengampu kegiatan menyampaikan informasi bahwa kedua parpol dimaksud belum di kunjungi karena jadwal yang belum cocok.

''Iya benar masih ada 2 Parpol lagi yang belum dikunjungi karena waktu yang belum cocok”, terang Joni Suhaidi. Dijelaskan Suhadi, pihaknya  memiliki kesibukan masing-masing dan kunjungan kali ini kan sifatnya masih silaturahmi.''Dan belum masuk tahapan verifikasi jadi terkait kesempatan bertemunya kita komunikasikan saja selama masih ada kesempatan (sebelum tahapan),'' ujarnya.Ditambahkan Ilham, KPU Provinsi Riau juga masih membuka kunjungan “Safari Pemilu” berikutnya, terutama ke Partai Politik calon peserta Pemilu 2025 yang saat ini belum masuk dalam catatan KPU Riau.

“Misalnya tiba-tiba ada terbentuk kepengurusan Parpol calon peserta pemilu di Provinsi Riau. Maka kami agendakan juga sebagai Parpol yang akan kami kunjungi. KPU Kab/Kota se-Riau bergerak sama halnya dengan KPU Riau, saat ini KPU Kabupaten/Kota se-Riau turut melakukan hal yang sama, yakni berkunjung dalam rangka silaturahmi dan menjalin komunikasi dengan Parpol di tingkat kabupaten/kota.

Seperti informasi yang diperoleh tim hupmas KPU Riau, Kabupaten Kampar telah berkunjung dan bersilaturahmi ke Partai Gerindra dan PKS, sementara KPU Kabupaten Rokan Hulu berkunjung dan bersilaturahmi ke Partai PDI-P dan PPP. Sementara KPU Kabupaten/Kota yang lain masih dalam proses penyesuaian jadwal kunjungan. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar