Sharing Informasi dan Silaturahmi

Rombongan Bapenda Agam Studi Tiru ke Bapenda Kota Pekanbaru

 ROMBONGAN dari Dinas Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) foto bersama dalam rangka melakukan  studi banding ke Bapenda Pekanbaru , Rabu (16/3/2022)


Laporan: Hendri  Zainuddin

Pekanbaru


 

         ROMBONGAN dari Dinas Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melakukan  studi banding atau studi tiru ke Bapenda Kota Pekanbaru. Kedatangan para rombongan ini disambut Kabapenda Pekanbaru dalam hal ini diwakili Kabid Perencanan dan Pengembangan Pendapatan Daerah Salmah didamping staf Trio, Rabu (16/3/2022). Dimana kedatangan rombongan ini ke Bapenda Kota Pekanbaru setelah melihat pelayanan yang ada di Bapenda Pekanbaru sudah cepat dengan sistim online. Sehingga bisa diaplikasikan di Bapenda Agam dalam peningkatakan PAD untuk masa yang akan datang.


Menurut Kabid I Bapenda Agam  Ediarta menjelaskan, bahwa kedatangan rombongan Bapenda ini untuk saling sharing informasi terkait pelayanan yang baik di Bapenda Kota Pekanbaru ini. Dimana pelayanan yang ada di Bapenda Kota Pekanbaru ini secara merata sudah cepat dengan sistim online. ''Jadi kedatangan kami kesini (Bapenda Pekanbaru red) untuk menimba dan menambah wawasan terkait pelayanan yang baik di Bapenda ini. Karena, kita tahu pelayanan di Bapenda Kota Pekanbaru sudah bagus dan cepat.

Dengan begitu, kami juga bisa belajar bagaimana sistim pelayanan yang dilakukan oleh Bapenda Kota Pekanbaru. Dengan begitu, nanti kami juga akan bisa mencontoha dan mengaplikasikan semua jenis pelayanan yang ada di Bapenda ini, sehingga kedepan kami akan coba dan diitiru terkait pelayanan yang cepat dan mudah. Selain itu, kedatanagan kami ke Bapenda Kota Pekanbaru ini, bahwa kami mengetahui setelah pak Walikota Pekanbaru menjadi narasumber di Kemendagri, sehingga kami ingin menimba pengalaman di Bapenda Kota Pekanbaru ini,'' ujar Ediarta.

Dijelaskan Ediarta, bahwa di Kabupaten Agam pelayanan di Bapenda baru dimulai dengan sistim online pada akhira tahun 2021 yang lalu. ''Makanya ingin belajar dan bertukar pikiran bagaimana pelayanan yang telah dilakukan di Bapenda Kota Pekanbaru ini dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dengan begitu, setelah kunjungan ini, tentu kita akan mengaplikasikan pelayanan yang baik, sehingga PAD di Agam juga bisa meningkat.Semoga apa yang kita dapat tadi, maka bisa dicontoh di Agam dalam pelayanan yang cepat dan mudah kepada masyarakat,'' tutur Ediarta.

Sementara itu, Kabid Perencanan dan Pengembangan Pendapatan Daerah Salmah mengatakan, bahwa kedatangan para rombongan tersebut dalam rangka silaturahmi sekaligus studi banding terkait pelayanan sistim online di Bapenda Kota Pekanbaru. Dimana, rombongan itu datang ke Bapenda Kota Pekanbaru ingin mencontoh dan meniru tentang pelayanan yang saat ini semakin cepat dan mudah.''Kita sangat senang atas kunjungan dari Bapenda Kabupaten Agam ini.

Selain itu, kedatangan mereka ini menanyakan bagaimana sistim pelayanan terkoneksi dalam melayani masyarakat untuk membayar kewajiban pajaknya. Ada beberapa item yang mereka tanyakan kepada kita tadi item jenis pajak yang akan dibayarkan oleh masyarakat. Intinya, setelah mendapat penambahan wawasan ini, maka mereka akan mengaplikasikan ke Bapenda Agam. Selain itu, kunjungan rombongan ini dalam rangka menjalin silaturahmi,'' terang Salmah, ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar