Potensi Zakat bisa Capai Rp13 Miliar Setahun

Walikota Pekanbaru dan Kepala OPD Bayar Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Laporan : Hendri Zainuddin
Pekanbaru

 

 

       WALIKOTA Pekanbaru DR Firdaus ST MT membayar zakat fitrah dan zakat mal. Pembayaran zakat itu diterima langsung Ketua Baznas Pekanbaru H Endang Muda di dalam Masjid Al Firdaus Komplek Perkantoran Tenayan Raya, Selasa (26/4/2022) siang. 

Selain Walikota membayar zakat, juga diikuti kepala OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru diantaranya, Kaban Bappeda Ahmad, Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Chandra, Kadishub Yuliarso, Kadisnaker Abdul Jamal, Kadisdalduk M Amin serta pejabat lainnya. 

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus ST MT usai membayar zakat fitrah dan zakat mal menyampaikan bahwa saat ini potensi penerimaan zakat warga Pekanbaru bisa diperkirakan bisa mencapai Rp13 miliar dalam setahun.

Namun, sejauh ini yang terkumpul melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pekanbaru baru sebesar Rp6,5 miliar hingga Rp7 miliar setahun. Dikatakan Firdaus, masih ada lebih kurang separuh potensi yang belum bisa dikumpulkan dari warga muslim di Pekanbaru ini. Terutama di perusahaan yang belum terakomodir dengan baik.

Menyikapi hal itu, maka Firdaus berharap agar Baznas Pekanbaru melalui kepengurusan Ketua H Endang Muda untuk bekerja keras menorobos kedala dalam pemungutan zakat kepada muzakki baik perorangan maupun lembaga atau perusahaan BUMN dan swasta yang ada. Baik itu zakat mal maupun zakat profesi.

"Ya saat ini, potensi sangat tinggi untuk dicapai. Karena masih banyak para muzakki maupun perorangan serta lembaga yang belum maksimal membayar zakatnya. Maka dari itu, peluang untuk mengali target setahun bisa ditingkatkan dengan kerja keras dari Baznas untuk giat melakukan pendataan, sehingga angka 13 miliar  bisa dicapai," ujar Firdaus.


Sambung Firdaus, salah satu upaya yang harus dalakukan pihak baznas untuk mengumpulkan zakat maksimal dengan intensif melakukan sosialisasi, pendekatan-pendakatan ke pihak perusahaan baik plat merah maupun swasta serta inovasi dalam pengumpulan zakat tersebut.

"Kalau zakat terkumpul maksimal, maka akan banyak masyarakat terbantu kehidupannya, bisa mengentaskan kemiskinan dan mengangkat kesejahteraan. Karena peluang untuk mengumpulkan zakat sangat tinggi bisa tercapai," terang Firdaus.

Ditambahkan Firdaus, bahwa informasi dari Gubernur Riau, potensi zakat Riau mencapai Rp1,8 triliun hingga Rp2 triliun. "Itu sangat besar, karena muzakki banyak di perusahaan lebih banyak dari ASN. Selain itu, kita optimis di bawah kepengurusan Baznas, Ketua Endang Muda bisa melakukan pengumpulan zakat, apalagi katanya yang bersangkutan juga dekat dengan kalangan pengusaha," tutur Firdaus. 

Sementara itu, dalam kegiatan penyerahan zakat mal, Walikota Pekanbaru Firdaus menyerahkan zakat fitrah dan malnya sebesar Rp5.300.000. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar