Pekan ke-5 Grup F Liga Champions

RB Leipzig Tumbangkan Real Madrid 3-2

Bek tengah RB Leipzig, Josko Gvardiol mencoba menutup tembakan dari penyerang sayap Real Madrid, Vinicius Junior pada pekan ke-5 Grup F Liga Champions 2022/2023, Rabu (26/10/2022) dini hari WIB. 

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)-- Status tak terkalahkan Real Madrid di seluruh ajang akhirnya terhenti pada pekan ke-5 Grup F Liga Champions 2022/2023. Madrid tumbang 2-3 di tangan tuan rumah RB Leipzig, Rabu (26/10/2022) dini hari WIB.Madrid sudah tertinggal cepat di menit ke-12 melalui sundulan Josko Gvardiol dalam situasi tendangan sudut. Situasi tersebut juga menyebabkan gol kedua Leipzig di menit ke-18 melalui Christopher Nkunku. Madrid sendiri baru bisa mencetak gol di menit ke-44 melalui Vinicius Junior.

Bukannya mengejar ketertinggalan, Madrid justru semakin tertinggal. Timo Werner sukses menggetarkan jala gawang Madrid di menit ke-83. Madrid lagi-lagi baru bisa membalas di ujung pertandingan, tepatnya di menit ke-90+3 melalui eksekusi penalti Rodrygo.Hasil ini tetap meloloskan Madrid dari Grup F dengan koleksi 10 poin. Leipzig berhasil naik ke peringkat dua dengan sembilan poin, unggul tiga poin dari Shaktar Donetsk di peringkat ke-3. Laga pamungkas akan menentukan siapa yang juara grup antara Leipzig atau Madrid dan siapa yang akan lolos ke Liga Europa antara Leipzig atau Donetsk.


Penampilan terbuka dari kedua tim sungguh mengejutkan. Leipzig yang tak ingin kalah di kandang sendiri sangat percaya diri menyerang di kedua sayap tim tamu.Hasilnya, dalam 20 menit pertama, Leipzig sudah bisa mencetak dua gol. Dua-duanya tercipta dari situasi tendangan sudut.Menit ke-13 Leipzig memecah kebuntuan. Tendangan sudut yang diambil oleh Andre Silva, langsung mengarah ke kepala Gvardiol untuk disundul menjadi gol.Kemudian, gol kedua lahir di menit ke-18. Skemanya mirip, tetapi sedikit lebih rumit dan panjang. Berawal dari skema tendangan sudut pendek, Leipzig sukses memancing pemain Madrid bergerak naik. Nkunku yang ada di dalam kotak penalti jadi tidak mendapat kawalan sempurna, sehinga bisa dengan mudah ceploskan bola.Madrid masih terus memberikan ancaman untuk bisa menyamakan kedudukan. Madrid sendiri hanya perlu satu poin untuk menggenggam tiket ke babak gugur.Penantian tersebut baru terjawab di menit ke-44, Madrid cetak gol untuk perkecil ketertinggalan. Pencetak golnya adalah Vinicius. Ia berhasil menyundul kiriman bola silang dari Marco Asensio.


Madrid berupaya keluar menyerang melalui para pemainnya. Namun, upaya-upaya tersebut seringkali digagalkan Leipzig dan berbalik mengancam gawang Madrid.Leipzig nyaris mencetak gol lagi di menit ke-70. Sebuah upaya pergerakan dari Nkunku berhasil mengirimkan umpan kepada Werner. Sayangnya eksekusi Werner masih melebar dari gawang.Leipzig berhasil mencetak gol ketiganya di menit ke-83. Berawal dari serangan balik, pertahanan Madrid belum siap sepenuhnya. Timo Werner dengan leluasa mencari ruang di depan gawang saat menerima umpan silang mendatar dari rekannya di sisi kanan.Madrid akhirnya baru bisa memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3 di menit ke-90+3. Wasit utama Daniele Orsato memberikan Madrid hadiah penalti. Rodrygo yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya sebagai algojo.Pertandingan bisa dikatakan berimbang selama 90 menit. Madrid keluar menyerang, Leipzig juga keluar menyerang. Masalahnya hanya di penyelesaian akhir. Madrid melesakkan 12 tembakan, sedangkan Zagreb 14 tembakan.(Net/Hen)

Susunan Pemain

RB Leipzig (4-2-3-1): Janis Blaswich; Mohamed Simakan, Josko Gvardiol, Willi Orban, David Raum; Amadou Haidara, Xaver Schlager; Dominik Szoboszlai, Christopher Nkunku, Emil Forsberg; Andre Silva.
Pelatih: Marco Rose

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Lucas Vazquez, Eder Militao, Antonio Rudiger, Nacho; Eduardo Camavinga, Aurelien Tchouameni, Toni Kroos; Marco Asensio, Rodrygo Goes, Vinicius Junior.
Pelatih: Carlo Ancelotti


Berita Lainnya...

Tulis Komentar