Ada Pemain Cadangan Masuki Area Permainan

Kontroversi Final Piala Dunia 2022: Gol Ketiga Argentina Harusnya Tidak Sah

Lionel Messi mencetak gol dalam laga final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis, Ahad (18/12/2022)

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)-- Timnas  Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 usai menumbangkan Prancis 3-3 (4-2) dalam partai final, Ahad  (18/12/2022). Namun, gol ketiga Argentina kini dipermasalahkan.Dua gol Argentina tercipta di babak pertama, masing-masing dicetak oleh Lionel Messi menit ke-23 lewat eksekusi penalti dan Angel Di Maria di menit ke-36.Prancis pun tak menyerah. Kylian Mbappe mencetak dua gol di babak kedua untuk memaksakan laga berlanjut ke babak extra time.Di babak extra time, Messi sempat membawa Argentina memimpin sebelum disamakan Mbappe yang mencetak gol ketiganya, lagi-lagi lewat eksekusi penalti. Argentina keluar sebagai juara setelah memenangi babak adu penalti dengan skor 4-2.


Momen kontroversial terjadi pada menit ke-108 kala Lautaro Martinez melepas tembakan yang masih bisa diblok Hugo Lloris. Bola rebound kemudian dicocor Messi menjadi gol.Sempat ada dugaan bahwa gol ini harus dianulir karena hakim garis mengangkat bendera tanda offside. Namun, VAR menunjukkan bahwa Martinez ternyata masih sejajar dengan Raphael Varane alias onside.Namun, media Prancis, L'Equipe tetap menilai bahwa gol tersebut harusnya tidak disahkan wasit. Pasalnya, ketika momen Messi mencocor bola, ada dua pemain cadangan Argentina yang memasuki area permainan.

L'Equipe menilai bahwa Prancis harusnya mendapatkan tendangan bebas, alih-alih kebobolan. Mereka merujuk pada aturan permainan sepak bola Laws of the Game IFAB pasal 3 paragraf 9."Jika, setelah gol dicetak, wasit mengetahui sebelum permainan dilanjutkan bahwa ada orang tambahan di lapangan pada saat gol dicetak: wasit harus melarang gol jika orang tambahan itu adalah: pemain, pengganti, diganti pemain, pemain yang dikeluarkan atau ofisial dari tim yang mencetak gol; permainan harus dimulai kembali dengan tendangan bebas langsung dari tempat pemain tambahan berada." demikian bunyi artikel di Laws of the Game.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar