Untuk Memahami konsep Dari Master Plan 

Kepala Diskominfo Kota Pekanbaru Buka Bimtek Percepatan Smart City Tahap III

Kadis Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru Firmansyah Eka Putra ST MT menghadiri sekaligus membuka acara Bimtek Rabu (12/9)

PEKANBARU-(KIBLATRIAU. COM) -- Mewujudkan Smart City yang Madani di Lingkup Kota Pekanbaru, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tahap III di Hotel Evo Pekanbaru Jalan Sudirman,  Rabu (12/9).

Bimtek ini merupakan lanjutan dari  serangkaian bimtek yang telah dilakukan pada tahap I dan II beberapa waktu lalu, yang pada tahun ini dilaksanakan sebanyak IV tahap.

Dilakukan selama dua hari (12-13 September 2018), bimtek ini diikuti seluruh jajaran OPD, komunitas IT, lembaga, dan organisasi yang dibuka langsung oleh Kepala Diskominfo Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra ST MT. 

Kepala Bidang E-Government Diskominfo Kota Pekanbaru, Deni Hidayat ST mengatakan, bahwa bimtek ini dilaksanakan seiring Kota Pekanbaru masuk dari salah satu 100 smart city (kota cerdas) di Indonesia yang dipilih Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Ada enam pilar yang melandasi Kota Pekanbaru lolos dari Assesment Gerakan Menuju 100 Smart City, antara lain Smart Govermance (Tata Kelola Pemerintah yang Pintar). 

 Selain itu,  Smart People (Penduduk yang Pintar), Smart Economy (ekonomi yang pintar), Smart Environment (lingkungan yang pintar),  Smart Living (kehidupan yang pintar) dan Smart Mobility (mobilitas yang pintar).

"Dalam bimtek ini kita mengharapkan seluruh OPD dapat membahas masterplan dan menyusunnya sebagai quickwin untuk terus berinovasi . Terutama dalam membuat sejumlah terobosan baru melalui ide dan gagasan yang sesuai dengan bidangnya masing-masing, "  ujar Deni.

Bimtek ini kata Deni juga menghadirkan narasumber dari tokoh akademisi, Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu komputer, Dana Indra, sebagai utusan yang diamanahkan oleh Kemenkominfo untuk memberi pemaparan kepada peserta di Kota Pekanbaru

Deni juga menambahkan,  bahwa bimtek ini bertujuan untuk memahami konsep dari master plan smart city dan mampu memberi ide dan usulan untuk pembangunan smart city serta  mengidentifikasi program unggulan dari setiap OPD sebagai quickwin percepatan smart city.

"Smart city merupakan kombinasi antara teknologi baru dan pola pikir. Oleh sebab itu,  butuh kerjasama dari seluruh OPD untuk menjadikan Kota Pekanbaru sebagai salah satu smart city," harap Deni (Kur)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar