Pekan ke-18 Liga Spanyol 

Barcelona Tundukkan Getafe 1-0

Aksi gelandang Barcelona, Pedri saat mencoba melewati pemain Getafe, Carles Alena pada pekan ke-18 Liga Spanyol 2022/2023, Senin (23/1/2023) WIB.

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)-- Tim Barcelona mengamankan kemenangan penting pada pekan ke-18 Liga Spanyol 2022/2023. Bermain di Spotify Camp Nou, Barcelona menang tipis 1-0 atas Getafe, Senin (23/1/2023) WIB.Gol semata wayang yang tercipta di laga ini berasal dari Pedri. Ia sukses menggetarkan jala gawang Getafe di menit ke-34 berkat umpan silang yang dilepaskan Raphinha.Walaupun unggul secara penguasaan bola, Barcelona justru berkali-kali terancam lewat serangan Getafe. Beruntung bagi Barcelona, tim tamu gagal mencetak gol sama sekali dari sekian banyak peluang emas yang tercipta.Tambahan tiga poin ini mempertegas posisi Barcelona di puncak klasemen dengan 44 poin atau unggul enam poin dari Real Madrid yang masih akan bermain. Sementara Getafe tertahan di posisi 16 dengan 17 poin.


Getafe sempat mengejutkan Barcelona dengan sempat mencetak gol di menit ke-3. Enes Unal menerima umpan terobosan, menggiring bola ke kotak penalti, dan melepas tembakan.Namun, Ter Stegen sigap menghalau tembakan tersebut. Bola muntah kemudian disambar Borja Mayoral yang kemudian berhasil menggetarkan gawang Barcelona. Sayangnya, wasit menyatakan Unal sejak awal sudah offside saat menerima umpan terobosan.Giliran Barcelona yang mengancam di menit ke-8. Ousmane Dembele melakukan gerakan favoritnya, lalu melepas tembakan dari luar kotak penalti. Soria tampil sigap menghalau tendangan datar tersebut.

Setengah jam berlalu, Barcelona kesulitan menembus pertahanan Getafe yang tidak menerapkan blok rendah. Tidak ada satupun ancaman yang bisa diberikan anak asuhan Xavi Hernandez.Barcelona akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-34. Proses gol berawal dari umpan Jules Kounde yang berhasil menyasar Raphinha di sisi kiri. Raphinha mengandalkan kecepatannya dalam situasi satu lawan satu, lalu melepas umpan silang.Umpan silang tersebut diarahkan ke tiang jauh. Datang di waktu yang tepat, Pedri sukses mencocor bola ke dalam gawang dan membawa Barcelona unggul.Getafe nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-41. Pedri melakukan kesalahan umpan yang membawa Mayoral dalam posisi yang sangat menguntungkan. Ter Stegen melakukan tugasnya dengan baik untuk menghalau tendangan dari Mayoral.


Barcelona langsung melakukan tiga pergantian pemain di awal babak kedua, sekaligus melakukan pergantian posisi pemain saat Franck Kessie yang merupakan gelandang tengah menggantikan Raphinha.Namun, pergantian itu tidak berbuah hasil sama sekali hingga akhir pertandingan. Para pemain pengganti yang dimasukkan tidak memberikan dampak berlebih di pertandingan.Sebaliknya, Getafe yang tampil terbuka dan berani menyerang beberapa kali mengancam garis pertahanan Barcelona yang tinggi. Duarte dan Mayoral mendapatkan peluang-peluang bagus, tetapi tidak satupun berhasil menjadi gol berkat kesigapan Ter Stegen mengamankan gawang Barcelona.

Barcelona yang bermain di hadapan pendukung sendiri hanya mencatatkan satu tendanga on target selama 45 menit kedua. Momennya terjadi di menit ke-85.Franck Kessie punya jarak tembak dan waktu yang cuku untuk mencetak gol. Sayangnya, tendangannya yang keras itu justru mengarah lurus ke kiper Soria.Barcelona yang menguasai 68 persen penguasaan bola hanya bisa mencatatkan satu big chance dari delapan tembakan. Getafe yang inferior dalam penguasaan bola mampu mencatatkan empat big chance dari hanya tujuh tembakan.Penampilan apik Ter Stegen dan kualitas penyelesaian akhir jadi kendala bagi Getafe untuk bisa mencetak gol.(Net/Hen)


Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto (Marcos Alonso 77’), Andreas Christensen (Eric Garcia 46’), Jules Kounde, Alejandro Balde (Jordi Alba 46’); Pedri, Sergio Busquets, Gavi; Raphinha (Franck Kessie 46’), Ansu Fati, Ousmane Dembele.
Pelatih: Xavi Hernandez

Getafe (5-3-2): David Soria; Damian Suarez, Omar Alderete, Domingos Duarte, Djene Dakonam, Juan Iglesias (Gaston Alvarez 84’); Angel Algobia (Gonzalo Villar 62’), Luis Milla (Jaime Seoanne 84’), Carles Alena; Enes Unal (Juanmi Latasa 84’), Borja Mayoral (Cristian Portu 77’).
Pelatih: Quique Sanchez Flores


Berita Lainnya...

Tulis Komentar