DLHK Minta Masyarakat Dukung Program Aksi Pekanbar

Bak Kontainer Sampah Hilang Dicuri Oknum Tak Bertanggung Jawab

Zulfikri SH

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus mengalakkan program Aksi Pekanbaru Bersih. Namun, apa yang dilakukan oleh Pemko Pekanbaru itu tidak sepenuhnya didukung oleh masyarakat Pekanbaru. Pasalnya, saat ini masih ada masyarakat yang membuang sampah di sembarangan tempat, sehingga masih terlihat adanya sampah yang berserakan di jalan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Zulfikri SH kepada wartawan Selasa (18/9) melalui telepon selulernya.

''Ya kita sangat prihatin sekali. Karena program yang dicanangkan pemerintah kota yang dalam hal ini walikota Pekanbaru tidak sepenuhnya didukung oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Lihatlah, daerah yang sebelumnnya tidak ada sampah, kini sceara tiba-tiba lokasi itu sudah ada dibuang sampah. Contohnya di Jalan Aripin, dekat KFC. Ini tentu ada oknum yang sengaja membuang sampah. Begitu juga, bak kontainer sampah  ukuran besar yang berada di Jalan Labersa, Kecamatan Bukitraya hilang dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Kita tak yakin, jika yang mengambil itu pemulung, apalagi ukurannya cukup besar dan yang hanya bisa membawanya truk juga. Kita juga sangat heran dan kecewa, kenapa kok bak kontainer itu bisa hilang. Niat kita ingin Pekanbaru ini bersih, namum masih ada oknum yang tidak bertanggung jawab yang selalu usil dan melakukan hal-hal yang tidak terpuji, sehingga apa program yang dilakukan walikota pekanbaru tidak berjalan dengan baik,'' kesal Zulfikri.


Dijelaskan Zulfikri, atas insiden itu, maka pihaknya sudah melakukan peristiwa pencurian tersebut ke pihak berwajib. ''Ya kita sudah laporkan kepada pihak terkait hilangnya bak kontainer sampah tersebut. Atas kejadian ini, kerugian ditaksir sebesar Rp50 juta. Kini kasusnya dalam penyelidikan pihak kepolisian. Semoga, kasusnya bisa terungkap dan siapa pelakunya bisa terungkap,'' harap Zulfikri.

Dalam kesempatan ini, Zulfikri mengharapkan kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga lingkungan supaya tetap bersih dari sampah. Selain itu, masyarakat jangan membuang sampah di luar jam yang ditentukan.''Kita sangat berharap masyarakat taat dan patuh membuang sampah. Terlebih lagi, kita sudah terapkan sanksi tegas kepada yang tertangkap membuang sampah sembarangan,'' harap Zulfikri. (Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar