Polisi Terapkan One Way

Menko PMK sebut Arus Mudik Berjalan Lancar

Ilustrasi jalan tol

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)--Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengklaim arus mudik tahun ini berjalan lancar. Dia mengapresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang telah mengerahkan daya upaya agar arus mudik kali ini berjalan lancar.

"Semua moda transportasi pada saat mudik ini berjalan cukup lancar atau bahkan sangat lancar. Untuk itu saya sebagai pribadi maupun sebagai Menko PMK yang mendapatkan tugas sebagai koordinator mengucapkan banyak terima kasih khususnya kepada Bapak Kapolri dan Bapak Menteri Perhubungan, dan Menteri PUPR yang telah betul-betul memberikan dukungan penuh, mengerahkan seluruh daya dan upaya sehingga arus mudik ini berjalan dengan lancar," kata Muhadjir saat konferensi pers, Ahad (23/4).


Muhadjir menilai tak ada kemacetan yang berarti saat arus mudik ini. Menurutnya, yang terjadi hanyalah arus transportasi yang bergerak lambat.

"Secara umum saya rasa tidak ada kemacetan yang ada pergerakan yang lambat. Saya kira belum ada kemacetan yang sampai menimbulkan lock jam di area-area yang selama ini sudah kita antisipasi," tambah Muhadjir.

Di kesempatan yang sama, Kapolri Sigit berujar bahwa pihaknya harus melakukan rekayasa lalu lintas untuk mencegah kemacetan saat arus balik. Misalnya, ia akan menerapkan one way meskipun akan berdampak ke beberapa pihak.

"Tentunya yang akan kita lakukan sedapat mungkin adalah bagaimana saat kita melaksanakan one way, khususnya di jalur tol, hal-hal yang menghambat di jalur arteri pun kita maksimalkan untuk kita lakukan pembersihan," kata Sigit.

Tak hanya itu, Sigit juga akan menurunkan personelnya dalam jumlah besar untuk mengatur lalu lintas guna mencegah kemacetan.

"Titik-titik potensi rawan macet dan rawan laka, personel-personel Polri dan juga gabungan kita turunkan dalam jumlah besar sehingga kemudian baik yang di tol maupun yang di arteri semuanya bisa berjalan," tambah Sigit.

Kemudian, Sigit juga akan melakukan sosialisasi cepat jika ada perubahan tertentu terkait kebijakan one way.

"Kita akan berusaha untuk melakukan sosialisasi-sosialisasi secara cepat apabila ada perubahan terkait jadwal one way yang memang sudah diumumkan karena akan ada potensi terjadinya perpanjangan one way," jelasnya.

"Karena melihat kondisi di jalan dan ini kita akan upayakan untuk diinformasikan secepat mungkin. Sehingga kemudian pengguna bisa terinformasi dari awal dan kemudian menyesuaikan dengan jadwal-jadwal yang kita sampaikan tersebut," tuturnya. (Net/Hen)

 

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar