Hasil Semifinal SEA Games 2023

Timnas Indonesia U-22 Tekuk Vietnam 3-2

Komang Teguh Trisnanda merayakan golnya di laga Indonesia U-22 vs Vietnam U-22 di semifinal sepak bola putra SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Sabtu (13/05/2023) sore WIB.

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)-- Timnas Indonesia U-22 berhasil lolos secara dramatis ke final cabang olah raga sepakbola SEA Games 2023. Berhadapan dengan Vietnam, Garuda Nusantara berhasil menang dengan skor 3-2.Garuda Nusantara unggul terlebih dahulu melalui gol Komang dan Muhammad Ferrari, sementara Vietnam menyamakan kedudukan gol Nguyin Van Tung dan gol bunuh diri Bagas Kaffa. Di masa injury time Muhammad Taufany berhasil mencetak gol kemenangan Indonesia.Berkat kemenangan ini, timnas Indonesia U-22 berhasil lolos ke final SEA Games 2023. Sementara Vietnam harus berjuang untuk memperebutkan medali perunggu.

Duel yang digelar di Olympic Stadium Phnom Penh ini diawali dengan tempo sedang. Kedua tim masih berhati-hati dalam membangun serangan mereka.Laga baru memasuki menit ke-10, Indonesia berhasil unggul terlebih dahulu. Berawal dari umpan jauh dari Pratama Arhan, Komang Teguh Trisnanda masuk ke kotak penalti Vietnam lalu menanduk bola dan masuk ke gawang Vietnam. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia.Gol ini membuat intensitas pertandingan meningkat. Timnas Indonesia U-22 semakin percaya diri untuk menyerang, sementara Vietnam juga meningkatkan intensitas serangan untuk menyamakan kedudukan.

Kedua tim sama-sama membuat sejumlah peluang melalui jual beli serangan. Namun penyelesaian akhir kedua tim tidak maksimal, sehingga peluang yang tercipta gagal berbuah menjadi gol.Di menit ke-35, Vietnam akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Di awali umpan lambung dari Vo Minh Trong, bola berhasil ditanduk oleh Nguyen Van Tung dan bola mengenai tiang gawang Indonesia dan memantul masuk ke gawang Indonesia.Gol Van Tung ini membuat jalannya pertandingan jadi berubah. Timnas Vietnam semakin intens menyerang pertahanan Indonesia.Garuda Nusantara mampu meredam serangan-serangan Vietnam, sehingga ketika babak pertama berakhir skor 1-1 bertahan.

Jalannya pertandingan di babak kedua, tempo pertandingan tidak menurun. Kedua tim sama-sama melakukan jual beli serangan sejak awal pertandingan.Timnas Indonesia U-22 lagi-lagi berhasil mencetak gol cepat di awal babak kedua. Berawal dari umpan jauh Pratama Arhan, bola berhasil ditepis oleh kiper Vietnam. Bola tepisan itu jatuh di kaki Marselino Ferdinan, dan sang gelandang melepaskan tembakan mendatar yang mengenai kaki Muhammad Ferrari dan bola masuk ke gawang Vietnam. Indonesia kembali unggul 2-1.

Gol ini membuat Indonesia kian percaya diri untuk menghadapi Vietnam. Namun tidak lama berselang, Indonesia harus bermain dengan 10 pemain. Arhan mendapatkan kartu kuning kedua akibat membuat pelanggaran yang ceroboh sehingga Indonesia harus bermain dengan 10 pemain.Punya keunggulan pemain membuat Vietnam semakin intens untuk menyerang gawang Indonesia. Namun Garuda Nusantara mampu bertahan dengan baik dan meredam serangan-serangan Vietnam.Di menit ke-78 gawang Indonesia kembali bobol. Bagas Kaffa yang mencoba untuk membuang bola umpan silang Vietnam, namun bola malah masuk ke gawang Indonesia. Skor kembali imbang 2-2.

Gol ini membuat Vietnam semakin percaya diri dalam menyerang. Sementara Indonesia tidak menyerah begitu saja dan memberikan perlawanan kepada Vietnam.Di masa injury time, Indonesia berhasil mencetak gol ketiga di laga ini. Melalui skema serangan balik, Muhammad Taufany melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti yang gagal dihalau kiper Vietnam. Skor berubah menjadi 3-2 untuk keunggilan Indonesia.Vietnam langsung tancap gas untuk menyamakan kedudukan, namun Indonesia berhasil meredam perlawanan Vietnam sehingga Indonesia lolos ke Final.Final SEA Games 2023 cabang olahraga sepak bola Putra akan digelar pada hari Selasa, 16 Mei 2023 mendatang.Lawan yang akan dihadapi Indonesia adalah pemenang laga Thailand vs Myanmar yang digelar beberapa jam lagi.(Net/Hen)

 


Susunan Pemain

 

Timnas Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi;Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Bagas Kaffa, Komang Teguh Trisnanda, Ananda Raehan, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Fajar Fatur Rachman, Ramadhan Sananta

Pelatih: Indra Sjafri

Vietnam: Quan Van Chuan; Phan Tuan Tai, Tran Quang Thing, Nguyen Ngoc Thang, Le Van Do, Nguyen Van Tung, Nguyen Thanh Nhan, Nguyen Thai Son, Ho Van Cuong, Vo Minh Trong, Nguyen Duc Phu

Pelatih: Philippe Trousser


Berita Lainnya...

Tulis Komentar