Jumpa AS Roma di Final

Sevilla Tundukkan Juventus 2-1

Suso merayakan golnya di laga Sevilla vs Juventus di leg kedua semifinal Liga Europa 2022/2023 di Ramon Sanchez Pizjuan, Jumat (19/05/2023) dini hari WIB.

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)-- Sevilla berhasil menang tipis Juventus di leg kedua semifinal Liga Europa 2022/2023 di Estadio Ramos Sanchez Pizjuan, Jumat (19/05/2023) dini hari WIB.Pertandingan ini berlangsung dengan sangat seru. Kedua tim sama-sama menyerang dan menciptakan banyak peluang.Gol-gol Sevilla dicetak oleh Suso dan Erik Lamela. Sementara gol Juventus dihasilkan Dusan Vlahovic.Dengan demikian, Sevilla berhak melaju ke final dengan agregat 3-2. Mereka akan bertarung melawan AS Roma di partai puncak di Budapest.

Sevilla dan Juventus saling menekan begitu laga dimulai. Namun tempo pertandingan tak terlalu tinggi.Peluang apik lebih dahulu didapat oleh Sevilla. Pada menit kedua, Cuadrado nyaris melakukan blunder. Ia salah melakukan kontrol di kotak penalti dan bola bisa dicuri Ivan Rakitic di dalam kotak penalti. Beruntungnya Caudrado, ada rekannya yang bisa melakukan blok saat Rakitic berusaha memberikan umpan ke tengah kotak penalti.Sevilla kemudian sedikit mendominasi jalannya laga. Namun justru Juve yang mendapat peluang emas. Pada menit ke-14 mereka dihadiahi sepak pojok di sisi kiri pertahanan Sevilla. Bola umpan Fagiolo kemudian ditanduk Gatti di tengah kotak penalti. Namun peluang emas itu bisa digagalkan oleh tepisan kilat Bono.

Sevilla kemudian mendapatkan peluang emas pada menit ke-23. Serangan dari kanan mereka membuat Ocampos bisa melakukan tandukan diving di tiang dekat. Namun bola gagal melewati garis gawang berkat penyelamatan brilian dari Szczesny.Pada menit ke-26 Juve mendapat peluang dari serangan balik. Bola kemudian dikuasai Di Maria yang lolos dari jebakan offside. Di dalam kotak penalti ia coba menaklukkan Bono dengan melakukan tembakan lob. Sayangnya bola melambung tinggi dari sasaran.
Menit ke-30 giliran Sevilla yang mengancam Juventus. Kali ini dari tembakan jarak jauh Acuna. Namun Szczesny dengan cekatan bisa menepis bola keluar lapangan.

Kemudian pada menit ke-33, giliran Juve yang mengancam. Kali ini dari tembakan keras mendatar Moise Kean. Namun sayang bola cuma membentur tiang kanan gawang Sevilla.Menit ke-36 Sevilla mengancam balik. Kali ini dari tembakan keras Ocampos dari ujung kotak penalti usai mendapat umpan dari Navas. Namun lagi, Szczesny bisa melakukan blok dan peluang itu cuma menghasilkan sepak pojok.Menit ke-42 Juventus sempat mencetak gol melalui Adrien Rabiot. Namun gol itu dianulir karena sebelumnya ada pemain Juventus lainnya yang terperangkap offside.Pada menit 45+3 sempat terjadi kontroversi. Cuadrado tampak melanggar Torres tepat di garis kotak penalti. Namun wasit tidak menganggap adanya pelanggaran. Pemeriksaan via VAR juga menyimpulkan bahwa tak ada pelanggaran.Pada akhirnya laga babak pertama pun berakhir. Sevilla 0-0 Juventus.


Begitu babak kedua dimulai, Sevilla kembali tancap gas. Mereka berusaha mendominasi jalannya laga dan mendapat beberapa peluang.Salah satunya dari tembakan Acuna pada menit ke-47. Tapi peluang itu masih belum berbuah gol.Juve kemudian balas membalas dua menit berselang. Kali ini dari tembakan Rabiot. Namun usaha itu masih bisa digagalkan oleh Bono. Dua menit kemudian giliran Sevilla yang mengancam melalui tandukan Bade usai terjadi kemelut dari situasi sepak pojok. Tapi bola yang diarahkan ke pojok kanan atas gawang masih bisa diamankan Szczesny.

Pada menit ke-55 peluang emas didapat oleh Juve lagi. Rabiot mendapat umpan dada dari Kean dan melesat masuk ke kotak penalti. Ia bisa melepas tembakan dengan leluasa dari dalam terlarang. Tapi bola melesat tipis ke sisi kiri gawang saja.Pada menit 58 peluang emas didapat Juventus dari situasi bola mati. Tendanan bebas dari flank kanan diterima oleh tandukan Bremer di tiang jauh di dalam kotak penalti Sevilla. Bono gagal menjangkau bola tapi sayang si kulit bundar melebar tipis di sisi kanan gawang dan menyerempat tiang saja.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan. Pada menit ke-65 Juventus bisa mencetak gol. Adalah Dusan Vlahovic yang bisa menjebol gawang Sevilla. Ia awalnya mendapat umpan tandukan dari Rabiot. Setelah meloloskan diri dari pengawalan dua pemain, Vlahovic tinggal berhadapan dengan Bono di kotak penalti. Dengan tenang ia bisa menaklukkan sang kiper. Hebatnya ia melakukannya hanya sekitar satu menit setelah masuk ke lapangan. 0-1! Agregat 1-2.Sevilla kemudian berusaha menggedor balik pertahanan Juventus. Mereka akhirnya bisa menjebol pertahanan Juve pada menit ke-71. Usai mencuri bola di depan kotak penalti Bianconeri, Lamela memberikan umpan pada Suso. Usai melakukan dribel ia melepas tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti. Bola melesat masuk ke sudut kanan atas gawang Szczesny. 1-1! (2-2).Sevilla kemudian coba mengepung pertahanan Juventus. Sayangnya sampai laga berakhir mereka tak bisa mencetak gol tambahan. Artinya mereka harus memainkan babak extra time.

Babak Extra Time
Di babak pertama extra time, Juventus mendesak Sevilla. Mereka mengancam melalui Dusan Vlahovic dan Federico Chiesa.Peluang didapat pada menit ke-95. Chiesa melepas tembakan keras mendatar tapi masih bisa diblok Bono. Bola rebound hampir disambar Vlahovic tapi kiper asal Maroko itu masih bisa mengamankan bola lagi.Masih di menit yang sama, Sevilla bisa mencetak gol. Mulanya Gil menyerang dari sayap kiri dan melepas umpan silang ke kotak penalti. Di sana ada Lamela yang menanduk bola dan menaklukkan Szczesny. 2-1! (3-2).

Skor ini bertahan sampai turun minum. Di babak kedua extra time, Juventus kembali mencoba menggedor pertahanan Sevilla.Pada menit 110 peluang apik didapat Chiesa. Umpan silang Kostic dari kiri disambut flick Milik dan jatuh ke kaki Chiesa di tiang jauh. Ia coba melepas tembakan kaki kiri dalam keadaan tak terkawal. Tapi bola sepakannya melesat tinggi.Sevilla kemudian dalam posisi sulit. Sebab mereka harus bermain dengan 10 pemain karena Acuna diusir wasit usai mengoleksi kartu kuning keduanya di laga tersebut.Akan tetapi Sevilla bisa mempertahankan keunggulan mereka sampai laga berakhir. Mereka menang 2-1 dan secara agregat unggul 3-2.(Net/Hen)

 

Susunan Pemain
Sevilla (4-2-3-1): Yassine Bounou; Jesus Navas, Loic Bade, Nemanja Gudelj, Marcos Acuna; Fernando, Ivan Rakitic; Lucas Ocampos, Oliver Torres, Bryan Gil; Youssef En-Nesyri

Pelatih: Jose Luis Mendilibar

Juventus (3-5-2): Wojciech Szczesny; Danilo, Bremer, Federico Gatti; Juan Cuadrado, Manuel Locatelli, Nicolo Fagioli, Adrien Rabiot, Samuel Iling; Angel Di Maria; Moise Kean

Pelatih: Massimiliano Allegri
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar