Pelepasan Dihadiri Pj Walikota dan Kakan Kemenag

374 CJH Kloter Pertama akan Bertolak ke Tanah Suci 24 Mei, Begini Penjelasan Abdul Wahid

H Abdul Wahid SAg M. I.Kom

Laporan : Hendri Zainuddin

Pekanbaru

      JIKA tak ada halangan, Calon Jemaah Haji (CHJ) Provinsi Riau kloter pertama yany berjumlah 374 orang bakal bertolak ke tanah suci, Arab Saudi pada Rabu , (24/5/2023) mendatang. Dimana kloter pertama asal Kota Pekanbaru ini akan bergabung dengan kloter 2 Embarkasi Batam.

"Ya sebelum berangkat, kita terlebih dulu akan melakukan pelepasan Calon Jemaah Haji (CJH) oleh keluarga di Kantor Kemenag, besok Selasa (23/5/2023) sekitar pukul 14.00 wib. Kemudian sekitar pukul 17.00 wib CJH kita antar lagi ke Embarkasi Haji  Antara (EHA).

Jadi, pihak keluarga tidak dibolehkan mengantar hingga kesana (EHA). Dimana pihak keluarga hanya boleh mengantar sampai di Kantor Kemenag saja, " ungkap Kepala Kantor  Kementerian Agama (Kakan Kemenag Pekanbaru, H Syahrul Mauludi melalui Kassubag TU Kemenag H Abdul Wahid S.Ag M. I.Kom saat dikonfirmasi Kiblatriau.com di ruang kerjanya Senin (22/5/2023).

Sambung Abdul Wahid, setelah semua CHJ memasuki Embarkasi Haji Antara, lalu sebelum bertolak ke Batam maka akan  dilakukan acara pelepasan terlebih dahulu.

"Insyallah pada hari Rabu pagi (24/5/2023) sekitar pukul 10.00 wib, kita akan melakukan pelepasan terlebih dahulu. Dan dijadwalkan, padq acara pelepasan itu, akan dihadiri Pj Walikota  Pekanbaru. Selain itu,  akan hadir pula Ketua DPRD Kota Pekanbaru serta Kakan Kemenag Pekanbaru . Dimana dalam acara pelepasan CHJ itu, Pj Walikota Pekanbaru akan memberikan pencerahan serta masukan kepada CHJ yang akan berangkat ke tanah suci. Kemudian diterbangkan ke Batam dan diperkirakan  pada pukul 11 00 wib  CJH sampai ke Embarkasi Batam. Dan pada hari itu juga, Rabu (24/5/2023) sekitar pukul 17.30 wib CJH akan diterbangkan Arab Saudi dengan mengunakan pesawat Arab Saudi Air Line ," ujar Abdul Wahid.


Pada kesempatan ini juga Abdul Wahid mengingatkan serta menghimbau kepada CJH yang berangkat supaya menjaga kesehatan, sehingga nanti di dalam perjalanan yang jauh kondisi tetap fit dan  bugar."Bagi kloter yang akan berangkat pada Rabu lusa supaya menjaga kesehatan. Janganlah bergadang hingga larut malam. Selain itu, jangan lupa cek kembali kelengkapan jangan ada yang tertinggal. Namun, yang penting kita ingatkan janganlah CHJ membawa peralatan untuk memasak seperti rice cooker saat berada di hotel.Karena, nanti rawan kebakaran, seperti pengalaman yang sudah-sudah.

Selain itu, jangan pula membawa masakan rendang. Karena, disana apa yang kita inginkan untuk makan sudah tersedia. Dimana  disana juga ada yang menjual masakan buatan Indonesia di sekitar hotel, sehingga makanan itu sesuai dengan lidah kita.  Oleh para CHJ diminta fokus untuk melaksanakan beribadah saja," sebut Abdul Wahid.

Lanjut Abdul Wahid, pada tahun ini para CJH akan mendapatkan tiga bentuk tas. Dimana untuk yang pertama ada tas besar yang muatannya 35 kg tas kedua muatan 10 kg dan tas yang ketiga untuk perlengkapan dokumen. "Jadi tas besar ini nanti akan kita antarkan langsung ke cargo. Dimana tas besar yang membawa barang barang CJH ini nanginya akan diambil oleh masing-masing CJH ketika sudah sampai di Arab Saudi, " tutur Abdul Wahid mengakhiri. ***

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar