FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno

Timnas Indonesia hadapi Argentina, Ini Formasi Lengkapnya

Formasi Timnas Indonesia

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Para pemain Timnas Indonesia mungkin akan mengalami pengalaman sekali seumur hidup. Bagaimana tidak, tim berjulukan Skuad Garuda itu bakal menantang Timnas Argentina.Timnas Indonesia akan beruji coba dengan Argentina dalam FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 19 Juni 2023.Argentina datang ke Indonesia membawa dua pamor sekaligus. Lionel Messi dkk. berstatus juara Piala Dunia 2022 Qatar. Selain itu, mereka juga menjadi tim peringkat satu ranking FIFA.Hingga Kamis (25/5/2023) pukul 19.00 WIB, baik Timnas Indonesia dan Argentina belum mengumumkan komposisi pemain untuk partai latih tanding yang kurang dari tiga pekan lagi itu.


Namun, sejumlah pemain sudah dipastikan menjadi bagian dari Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday. Persib Bandung merilis empat personelnya dipanggil Skuad Garuda. Ke empatnya ialah Marc Klok, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, dan Edo Febriansyah.Selain itu, dua pemain yang baru saja dinaturalisasi, Ivar Jenner dan Rafael Struick juga disertakan Timnas Indonesia untuk dua laga uji coba pada bulan depan.Sebelum Argentina, Timnas Indonesia bakal lebih dulu menghadapi Timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada 14 Juni 2023.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Te-yong, akan menurunkan pemain terbaiknya kontra Argentina, terutama personel naturalisasi yang berpengalaman berkarier di Eropa.Formasi 3-4-2-1 dirasa paling pas untuk meladeni Argentina karena memberikan keseimbangan di berbagai lini. Pakem itu sempat dipakai beberapa kali oleh Shin Tae-yong.Nama-nama seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, hingga Shayne Pattynama dapat diandalkan Shin Tae-yong untuk meredam serangan Argentina yang kemungkinan akan diinisiasi Messi.

Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah bertahun-tahun bermain di Eropa. Nama pertama bahkan pernah lima kali berhadapan dengan Messi sewaktu masih sama-sama berkancah di La Liga.Sementara, duo Persib, Marc Klok dan Rachmat Irianto bisa diplot sebagai double pivot buat bertarung dengan gelandang beringas Argentina seperti Rodrigo De Paul hingga Enzo Fernandez.Sembari menanti keajaiban, sentuhan-sentuhan Egy Maulana Vikri dan Stefano Lilipaly diharapkan dapat sesekali merepotkan lini pertahanan Argentina dan menopang Dimas Drajad di lini depan.

Lantas, bagaimana dengan Argentina? Armada Lionel Scaloni itu bakal lebih dulu berlatih tanding dengan Timnas Australia di Beijing, China, pada 15 Juni 2023 sebelum bertandang ke Timnas Indonesia.Merujuk dalam partai latih tandingnya pada FIFA Matchday Maret 2023, kesebelasan dengan sebutan lain Tim Tango itu tetap menurunkan para pemain terbaiknya meski hanya melawan Timnas Panama dan Timnas Curacao.Curacao adalah lawan yang pernah dua kali dikalahkan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday September tahun lalu.


Keseriusan Scaloni
Ketika memukul Panama 2-0 dan membantai Curacao tujuh gol tanpa balas, Scaloni memainkan Messi, Julian Alvarez, Angel Di Maria, Enzo Fernandez, Rodrigo De Paul, Cristian Romero, sampai Emiliano Martinez.Kondisi itu menunjukkan bahwa Scaloni tidak main-main dengan Argentina. Apalagi dua uji coba nanti menjadi persiapan terakhir Albiceleste sebelum mengarungi Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona CONMEBOl pada September 2023.(Net/Hen)


Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Timnas Argentina


Timnas Indonesia (3-4-2-1): Syahrul Trisna; Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Sandy Walsh, Rachmat Irianto, Marc Klok, Shayne Pattynama; Egy Maulana Vikri, Stefano Lilipaly; Dimas Drajad

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Timnas Argentina (4-3-3): Emiliano Martinez; Nehuen Molina, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Rodrigo De Paul, Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister; Lionel Messi, Julian Alvarez, Angel Di Maria

Pelatih: Lionel Scaloni (Argentina)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar