Dibuka Langsung Pj Walikota

Kesbangpol Pekanbaru Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik bagi, RT, RW dan LPM, Ini Paparan Syoffaizal

Pj Walikota Muflihun SSTP MAP, saat menyampaikan sambutan , Senin (29/5/2023)

Laporan Kurniawam

Pekanbaru

                     PEMERINTAH Kota Pekanbaru dalam hal ini melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pekanbaru menggelar acara sosialisasi pendidikan politik bagi, RT, RW dan LPM dalam agenda demokrasi pemilihan umum (pemilu)  dan pemilihan kepala daerah tahun 2024 di dua Kecamatan Binawidya dan Kecamatan Tuah Madani. Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di aula kantor Camat Binawidya ini dibuka langsung Pj Walikota Muflihun SSTP MAP, Senin (29/5/2023). 

Dalam sambutannya. Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Pekanbaru, Drs H Syoffaizal MSi mengucapkan terima kasih kepada bapak Pj Walikota Pekanbaru Muflihun STP MAP  yang telah berkesempatan hadir dalam acara sosialiasasi ini. Selain itu, pihaknya juga menyampaikan juga terima kasih kepada kepala OPD yang hadir, Camat Binawidya , Camat Tuah Madani, para lurah, RT, RW serta LPM yang ada di Kota Pekanbaru. Selain itu, tampak hadir juga, dirut RSD Madani dr Aldo serta Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Kesbangpol Pekanbaru Tengku Firdaus.

Selain itu, Syoffaizal MSi menjelaskan bahwa tujuan acara sosialisasi ini sangat penting dalam meningkatkan kualitas pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah serentak pada tahun 2024 mendatang. ''Adapun tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan  kualitas pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah dalam berdemokrasi. Selain itu, meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah tahun 2024 mendatang,'' jelas Syoffaizal . Samibung Syoffaizal, dalam acara  sosialisasi ini peserta yanh hadir berjumlah 100 orang.

''Dalam acara ini kita undang juga para narasumber, baik dari akademisi, Ketua KPU serta Ketua Bawaslu Pekanbaru. Dimana, mereka ini akan memberikan paparan lebih jelas terkait proses dan  penyelangaran pemilu umum serta pemilihan kepala daerah. Semoga peserta yang ikut hadir ini mendapatkan wawasan serta ilmu, sehingga partisipasi dalam memilih nantinya semakin tinggi,'' harap Syoffaizal .


Sememtara itu, Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun SSTP MAP menyampaikan bahwa Pemko Pekanbaru menyediakan wadah untuk melaksanakan sosialisasi serta edukasi tentang  pendidikan politik bagi, RT, RW dan LPM alam agenda demokrasi pemilihan  umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah tahun 2024. Dimana  pada tahun ini, Pemko mengangarkan dana untuk kegiatan sosialisasi kepada masyarakat, mahasiswa, siswa dan siswi yang telah bisa memberikan hak suaranya untuk pemilihan umum  (pemilu) dan pemilihan kepala daerah tahun 2024 .

''Acara sosialisasi ini digelar oleh Kesbangpol Pekanbaru. Dimana tujuannya kita melakukan edukasi ini, dalam rangka upaya meningkatkan partispasi pemilih serta pileg dan pilkada yang jurdil. Oleh sebab itu, dengan adanya acara seperti ini, tingkat pemilih semakin tinggi. Pada tahun 2019 yang lalu, angka partisipasi pemilih sekitar 80 persem. Namun, kita harapkan pada pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah tahun 2024 bisa di angka 90 persen. Semoga dengan gencar kita lakukan acara sosialisasi ini, terlebih pesertanya RT, RW dan LPM. Karena, mereka ini bisa memberikan pemahaman serta edukasi terkait pemilu kepada masyarakat luas, sehingga angka partisipasi pemilih semakin tinggi untuk mengunakan hak suaranya ke TPS,'' harap Muflihun.(Adv)***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar