Berangkatkan 67 Petugas Haji

Petugas Haji Asal Riau Diminta Fokus Bantu Jemaah Calon Haji Lansia

Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy (kanan) dan Wakil Ketua I Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) EHA Riau, Mahyudin yang juga sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau (kiri).

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Pemerintah Provinsi Riau melalui Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy berpesan kepada seluruh petugas haji asal Provinsi Riau agar fokus untuk membantu orang tua atau lanjut usia (lansia) dalam pelaksanaan  ibadah haji selama di tanah suci. Pasalnya, kini Jemaah Calon Haji (JCH) asal Provinsi Riau secara bergantian per kloter sudah ada yang sampai ke Kota Madinah. Begitu pula, sebagian jamaah juga sudah tiba di Kota Mekkah.

''Dan ditambah pada tahun ini, jamaah calon haji (JCH) asal Riau yang masuk dalam kategori lansia terbilang cukup banyak. Bahkan dalam setiap kloter ada jemaah yang berusia lanjut. Untuk itu, kepada seluruh petugas tolong dijaga betul orang tua kita  yang banyak berumur lansia dan kita utamakan untuk berkhidmat. Kita niatkan untuk melayani mereka, sehingga para jamaah mendapatkan haji dan hajjah yang mabrur,'' harap Kasmy, Ahad (4/6/2023).Kasmy juga mengingatkan kepada JCH untuk menjaga kesehatan serta membagi waktu dalam menjalankan ibadah. ''Karena kita ke sana pergi beribadah, pandai-pandailah mengatur waktu. Perbanyaklah beribadah dan waktu-waktu shalat kita hadir sebelum  waktunya agar kita bisa shalat, zikir dan ibadah,'' sebut Kasmy.


Sementara itu, Wakil Ketua I Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) EHA Riau, Mahyudin MA yang juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau mengatakan, bahwa Pemprov Riau tahun ini memberangkatkan sebanyak 67 orang petugas haji  yang terdiri dari Panitia Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sebanyak 9 orang, PPIH Kloter yang terdiri dari 13 orang, 12 orang Pembimbing Ibadah, dan 33 orang Petugas Haji Daerah (PHD).Sedangkan jumlah JCH asal Riau, kata Mahyuddin ,  
ada sebanyak 4.815 orang yang telah diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau menuju tanah suci Mekkah. "Hingga kini, Embarkasi Haji Antara Riau sudah memberangkatkan 4.815 orang jamaah haji dari kuota awal 5.047 jemaah dan kita  juga mendapatkan tambahan sebanyak 44 orang yang sekarang dalam proses,'' ujar Mahyudin.

Sambung Mahyudin, hingga saat ini Kloter BTH - 16 atau EHA - 13 yang diterbangkan ke Batam untuk selanjutnya menuju Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah. ''Hari ini jamaah yang tergabung dalam Kloter BTH - 16 yang  berangkat menuju Kota Madinah dari Batam. Dimana jemaah dalam kloter ini sebanyak 367 orang yang berasal dari Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan Kota Pekanbaru disertai sebanyak 4 orang petugas Kloter dan 2 orang Petugas Haji Daerah,'' tutur  
Mahyudin.***

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar