Berdasarkan Alquran

Inilah Tanda-tanda Kiamat Kubra, Munculnya Dajjal hingga Hancurnya Ka'bah

Ilustrasi kiamat

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)--Tanda-tanda akan datangnya hari kiamat, khususnya mengenai kiamat kubra, dapat disimak melalui hadits-hadits yang disabdakan Rasulullah SAW. Apa saja yang termasuk kiamat kubra?.Adapun tanda-tanda yang menunjukan akan datangnya hari kiamat besar atau kiamat kubra yang dimaksud seperti kemunculan Dajjal hingga terbitnya Matahari dari arah barat. Dikutip dari buku Sepuluh Peristiwa Besar Menjelang Kiamat Kubra Berdasarkan Al-Qur'an & Keterangan Ulama tulisan Arsikum AL Mashudi berikut keterangan selengkapnya.Menurut pendapat beberapa ulama yang merujuk pada hadits, di masa yang akan datang akan terjadi sepuluh peristiwa besar. Peristiwa-peristiwa besar tersebut akan terjadi menjelang terjadinya kiamat kubra. Jumlah peristiwa yang akan terjadi tersebut adalah sepuluh, antara lain:

Munculnya Dajjal, sosok penipu yang mengaku sebagai Tuhan.
Munculnya Imam Mahdi, pemimpin yang akan muncul sebelum kedatangan Nabi Isa AS.
Turunnya Nabi Isa AS, yang akan kembali ke dunia sebagai tanda akhir zaman.
Keluarnya Ya'juj dan Ma'juj, bangsa yang menyebabkan kerusakan di muka bumi.
Terbitnya Matahari dari arah barat, perubahan arah gerak Matahari yang luar biasa.
Kemunculan Dabbah, hewan yang akan berbicara dan menyampaikan pesan.
Munculnya asap, fenomena alam yang akan menyelimuti bumi.
Rusaknya Ka'bah, kehancuran bangunan suci yang mengejutkan umat Islam.
Sirna dan musnahnya Al-Qur'an, hilangnya wahyu yang menjadi pedoman umat manusia.
Adapun keterangan di atas didapatkan dari sebuah hadits yang berbunyi sebagai berikut. Dalam Shahih Muslim dari Hudzaifah bin Usaid Al-Ghifari berkata,

"Rasulullah menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu, beliau bertanya: Apa yang kalian bicarakan? Kami menjawab: Kami membicarakan Kiamat. Beliau bersabda: Kiamat tidaklah terjadi hingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya." (HR Muslim)

Lebih lanjut, dikutip dari buku Al-Madkhalilo Dirasah Al-Akidah Al-Islamiyyah tulisan Prof. DR. Umar Sulaiman Abdullah Al-Asygar, dijelaskan bahwa tanda-tanda besar ini terjadi secara berurutan dan saling terkait, tanpa ada jeda yang signifikan antara satu tanda dengan yang lain. Keberurutan ini seperti seuntai kalung yang putus, di mana jika manik pertama jatuh, maka manik-manik lainnya akan mengikuti secara berurutan.Hal ini sejalan dengan hadits yang diriwayatkan oleh Hakim melalui sanad yang sahih dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda, "Tanda-tanda Kiamat adalah biji-biji kalung yang teratur di tali, jika tali putus, sebagiannya mengikuti yang lain." (HR Al Hakim).(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar