Persebaya Lawatan ke Markas PSIS

Bakal Berjaya atau Malu

Pemain PSIS Semarang saat berduel

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Persebaya Surabaya memasang ambisi untuk memetik kemenangan memasuki pekan ketiga BRI Liga 1 2023/2024. Mereka bakal melawat ke markas PSIS Semarang di Stadion Jatidiri, Semarang, Ahad (16/7/2023).Duel ini diprediksi bakal berlangsung menarik. Pasalnya, komposisi materi pemain kedua tim sama-sama memiliki kekuatan yang membahayakan.

PSIS sukses memetik kemenangan di pekan pertama lalu saat berstatus tuan rumah. Mereka unggul 3-1 saat  menjamu Bhayangkara FC (3/7/2023).Sedangkan Persebaya memiliki modal yang cukup apik untuk mencuri poin di Semarang. Klub berjulukan Bajul Ijo itu masih belum kalah dalam dua laga. Sempat menang 3-2 di kandang Persis Solo (1/7/2023) dan  ditahan imbang 1-1 oleh Barito Putera (8/7/2023).

Torehan itu membuat Persebaya berpotensi untuk memenangkan pertandingan kontra PSIS. Sebab, Persebaya memiliki pengalaman mempermalukan tim tuan rumah.Pertemuan terakhir kedua tim secara kebetulan juga terjadi di Stadion Jatidiri, Semarang,  pada 29 Maret 2023. Hasilnya, Persebaya saat itu berhasil mempermalukan tuan rumah PSIS dengan skor 2-1.Bahkan, Persebaya dua kali menundukkan PSIS di Liga 1 musim lalu. Selain berhasil menang di Semarang, anak asuh Aji Santoso itu juga unggul  1-0 saat menjamu PSIS di Surabaya, 23 Agustus 2023.

Catatan head-to-head juga menunjukkan Persebaya dalam lima pertemuan terakhir kontra PSIS. Bajul Ijo mampu menang tiga kali, sedangkan Laskar Mahesa Jenar hanya menang sekali.Dengan situasi terbaru, Persebaya memiliki persiapan yang cukup  untuk menantang PSIS. Berikut adalah ulasan sisi kekuatan dan kelemahan Bajul Ijo untuk menghadapi pertandingan ini. Simak ulasan Bola.com berikut ini:Keberadaan winger Bruno Moreira terasa vital buat Persebaya. Pemain satu ini jadi sisi kekuatan  
yang wajib diperhitungkan. Maklum saja, winger asal Brasil itu sudah mencetak tiga gol dalam dua pertandingan terakhir.

Dari total empat gol yang dicetak dalam dua pertandingan BRI Liga 1 2023/2024, dia mampu meyumbang tiga di antaranya. Satu lagi merupakan gol bunuh diri pemain lawan.Artinya, Bruno menjadi satu-satunya pemain yang mampu memberi kontribusi gol  bagi Persebaya selama musim ini. Dia sempat dihadapkan pada cedera pinggang, namun tetap dibawa ke Semarang untuk melakoni laga ini.Selain itu kekompakan barisan lini tengah Persebaya juga menjadi modal dalam melakoni partai tandang. Trio  
gelandang mereka semakin padu untuk memainkan permainan yang lebih menyerang.

Terdapat perubahan komposisi gelandang di Persebaya. Para pemain reguler adalah Ripal Wahyudi, Ze Valente, dan Song Ui-young. Hanya Ze Valente saja yang tercatat sudah membela Persebaya sejak musim lalu.Yang perlu mendapat perhatian khusus  juga adalah keberadaan winger kanan Sho Yamamoto dan striker Paulo Victor. Musim lalu, keduanya menyumbang banyak gol dan jadi andalan di lini depan Persebaya.Sejauh ini, baik Yamamoto maupun Victor masih belum berhasil mencetak gol. Namun,  
bukan tidak mungkin, mereka akan mengerahkan kemampuan optimal dan membobol gawang PSIS di pertandingan ini.

Telah disebutkan bahwa komposisi lini tengah Persebaya menjadi poin penting keunggulannya. Tapi, lain halnya lini belakang dan depan yang masih memerlukan perbaikan.Dalam dua pertandingan BRI Liga 1 2023/2024, tim asal Kota Pahlawan itu sudah  kebobolan tiga gol. Ini tentu menjadi sorotan dari para penggemar Persebaya.Pertama, Persebaya berhasil menang 3-2 atas Persis Solo (1/7/2023). Di laga ini pun, mereka sempat tertinggal dengan kebobolan dua gol. Beruntung, Ze Valente dkk. berhasil  comeback dan mengemas poin penuh.

Teranyar, Persebaya ditahan imbang 1-1 saat menjamu Barito Putera dalam pekan kedua (8/7/2023). Berstatus tuan rumah, Ze Valente dkk. tampil mendominasi tapi gagal memanfaatkan peluang mencetak gol di depan gawang lawan.Komposisi kuartet lini  belakang Persebaya sebenarnya sudah mumpuni dengan diisi oleh Arief Catur Pamungkas, Dusan Stevanovic, Kadek Raditya, dan Reva Adi Utama. Hanya saja, mereka masih perlu kekompakan lagi.Persebaya juga menghadapi masalah di lini depan.  
Seperti disebutkan, hanya winger Bruno Moreira saja yang menyumbang gol untuk Persebaya sampai sejauh ini.

Persebaya juga sedang menghadapi masalah dalam urusan mencetak gol. Ini bukan mengenai produktivitas gol, melainkan penyelesaian akhir yang kurang berjalan efektif di pertandingan.Hasilnya, Ze Valente dkk. masih kerap membuang peluang emas yang  seharusnya bisa dikonversi menjadi gol dalam dua pertandingan Liga 1.Keberadaan sejumlah pemain baru tampaknya juga membuat para pemain Persebaya masih memerlukan adaptasi. Mereka sebenarnya menyiapkan agenda pramusim untuk  memantapkan persiapan, tapi Ze Valente dkk. masih kurang padu.(Net/Hen)

 


Jadwal Pertandingan

Minggu, 16 Juli 2023

PSIS Vs Persebaya
Stadion Jatidiri
Kick-off: 15.00 WIB
Live: Indosiar
Live Streaming: Vidio


Berita Lainnya...

Tulis Komentar