Memperluas Pengetahuan dalam Dunia Pemrograman

Dosen Fasilkom Unilak Laksanakan Pengabdian Pemrograman di SMK Migas Inovasi Riau

Dosen Fasilkom Unilak foto bersama dalam rangkaian kegiatan Pengabdian Pemrograman di SMK Migas Inovasi Riau

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Dalam era digital seperti sekarang ini, bahasa pemrograman menjadi sangat penting, karena banyak sekali aplikasi dan teknologi yang membutuhkan pemrograman untuk beroperasi.

Dimana bahasa pemrograman digunakan dalam pengembangan website, aplikasi mobile, game, dan banyak lagi. Selain itu, bahasa pemrograman juga digunakan dalam bidang ilmu data dan kecerdasan buatan yang semakin berkembang pesat. Oleh karena itu, belajar bahasa pemrograman menjadi sangat penting untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan yang semakin digital(Uswatun K, 2019).

Bahasa pemrograman juga dapat membantu memperluas keterampilan dan peluang karir di berbagai industri, seperti teknologi informasi, startup, dan perusahaan teknologi(Syauqi, n.d.). Saat ini, teknologi informasi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak pekerjaan dan bisnis yang tergantung pada teknologi informasi, sehingga keahlian dalam bidang ini menjadi semakin penting.

Penguasaan keterampilan bahasa pemrograman memungkinkan seseorang untuk mengembangkan aplikasi atau program komputer yang berguna dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis.

Dalam ulasannya Dewar menempatkan keterampilan pengembangan perangkat lunak ini sebagai peringkat pertama kemampuan hard skill yang paling banyak dicari di dunia kerja (Dewar, 2023) sedangkan work economic forum memasukkan kemampuan pemrograman ini ke dalam 10 top work skill 2025(Schwab, 2021).
 

Lalu C++ menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer di kalangan developer dan pemrogram. Hal ini disebabkan oleh berbagai keunggulan yang dimilikinya, terutama dalam hal performa yang tinggi, fleksibilitas yang luar biasa, dan dukungan penuh untuk pemrograman berorientasi objek (OOP).

Performa tinggi C++ memungkinkan para pengembang untuk membuat aplikasi yang cepat dan efisien, bahkan untuk tugas-tugas komputasi yang kompleks.

Sifat fleksibel bahasa ini memungkinkan para programmer untuk menulis kode yang lebih mudah diubah dan ditingkatkan seiring perkembangan proyek.

Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa C++ telah menjadi bahasa yang dipilih untuk berbagai jenis proyek, mulai dari pengembangan perangkat lunak hingga pembuatan game dan sistem tertanam.

Keunggulan-keunggulan tersebut menjadikan C++ sebagai pilihan utama bagi banyak pengembang yang mencari bahasa pemrograman yang andal, kuat, dan efisien.

Terkait hal tersebut di atas Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning mengadakan kegiatan pelatihan kepada siswa SMK Inovasi Riau.

Kegiatan yang ditaja dalam bentuk pengabdian masyarakat ini diikuti oleh 20 orang siswa kelas X. Dalam kegiatan ini tim dosen terdiri dari DR. Fajrizal, M.Kom, Taslim, M.Kom dan Susi Handayani, M.Kom dan didampingi mahasiswa Fasilkom yaitu Taufik Hidayah.

Pelatihan kepada siswa SMK Migas Inovasi Riau mengenai bahasa pemrograman C++ merupakan langkah yang sangat baik dan relevan. Dengan memberikan pelatihan ini, sekolah dapat memberikan siswa kesempatan untuk memperluas pengetahuan mereka dalam dunia pemrograman dan membekali mereka dengan keterampilan yang sangat berharga di pasar kerja.

Pelatihan C++ akan memberikan manfaat berikut kepada siswa. Peningkatan pemahaman tentang pemrograman
Siswa akan mempelajari dasar-dasar pemrograman membantu mereka memahami logika pemrograman dan cara berpikir algoritma.

Kemampuan bahasa pemrograman yang populer C++ adalah bahasa pemrograman yang memiliki banyak aplikasi dalam industri teknologi. Mengajarkan C++ akan memberi siswa kesempatan untuk memahami bahasa pemrograman yang populer dan diterima secara luas.

Ketua tim pengabdian DR. Fajrizal, M.Kom mengucapkan puji syukur dan terima kasih atas lancarnya program pengabdian kepada masyarakat ini serta antusias peserta yang terlibat dalam program pengabdian kepada masyarakat ini.

''Kita berharap agar ilmu pengetahuan yang diberikan dapat memberi nilai positif kepada sekolah menengah kejuruan (SMK) Migas Inovasi Riau,'' tutur Fajrizal.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Migas Inovasi Riau Syahmian, SE, MM mengucapkan terima kasih kepada dosen dan mahasiswa dari fakultas ilmu komputer Universitas Lancang Kuning atas terlaksananya program pengabdian ini di sekolah.''Kedepannya program-program pengabdian ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan,''  tuturnya. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar