Tuntas Akhir Desember Juli 2023

Realisasi Fisik Pembangunan 14 USB SMAN Disdik Riau Capai 35-45 Persen

Realisasi progres fisik pembangunan 14 Unit Sekolah Baru (USB) untuk SMAN yang tersebar di Kabupaten Kota Riau sudah mencapai 35 hingga 45 persen.

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--Hingga di pertengahan bulan Juli 2023 ini, realisasi progres fisik pembangunan 14 Unit Sekolah Baru (USB) untuk SMAN yang tersebar di Kabupaten Kota Riau sudah mencapai 35 hingga 45 persen.

"Realisasi fisik pembangunan 14 USB SMAN ini, berdasarkan laporan data progres fisik yang saat ini dikerjakan rekanan atau kontraktor sejak dimulai dikerjakan pada bulan Mei dan Juni 2023 lalu," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Riau Dr Komsol MM saat dikonfirmasi wartawan melalui Kabid SMA Fahmijan lewat Ardison, selaku PPK kegiatan tersebut Jumat, 21 Juli 2023 di ruang kerjanya.

Ardison memaparkan, bahwa adapun 14 unit sekolah baru SMA yang dibangun tahun 2023 ini antara lain SMAN 17 Jalan Parit Indah Pekanbaru, SMAN 18 Jalan Delima Pekanbaru, dan SMAN 19 Jalan Fajar Pekanbaru.

Selanjutnya, SMAN 1 Batang Peranap Indragiri Hulu (Inhu), SMAN 2 Batang Cenaku Inhu, SMAN 2 Batang Gansal Inhu, SMAN Kemuning Indragiri Hilir.

Lalu, SMAN 2 Mandau Bengkalis, SMAN 3 Kubu Rokan Hilir, SMAN 3 Minas Siak, SMAN 3 Rimba Melintang Rokan Hilir, SMAN IV Koto Rokan Hulu, SMAN 4 Bangko Rokan Hilir, dan SMAN 8 Dumai.

"Untuk khusus untuk SMAN 17, 18 dan 19 di Pekanbaru, realisasi fisik nya sudah mencapai 40 hingga 45 persen. Hal ini dilakukan, karena kita terus mendesak rekanan untuk mempercepat pekerjaan, agar selesai sesuai target fisik," sebutnya.

Sementara untuk pembangunan USB SMAN 1 Batang Peranap Indragiri Hulu (Inhu) sudah mencapai 50 persen, karena rekanan saat ini sudah memasang keramik ruang belajar sekolah dan SMA IV Koto Rokan Hulu, sudah tahap pemasangan atap sekolah.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, realisasi fisik pembangunan dapat tercapai sesuai target rencana yang sudah ada dalam perencanaan semula," tambah Ardison.

Disinggung sampai kapan batas kontrak kerja rekanan akan berakhir, Ardison menyebutkan batas pelaksana kegiatan pembangunan 14 unit sekolah tersebut, rata-rata akan berakhir pada bulan Desember 2023 mendatang.

Namun lanjutnya, jika ada rekanan yang akan mengalami keterlambatan pekerjaan, pihaknya akan melakukan finalti atau berupa sanksi dan denda seperti yang sudah disepakati bersama dalam kontrak pekerjaan kepada rekanan.

"Jika rekanan terlambat mengerjakan, kami akan lakukan sanksi denda atau pemutusan kontrak. Makanya kami selalu mengingatkan rekanan agar bekerja secara profesional dan tepat waktu," tutur Ardison.

Seperti diberitakan sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau H Dr Kamsol mengatakan, tahun 2023 ini Pemprov Riau melakukan pembangunan sekolah dan kelas baru tengah digesa oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau guna meningkatkan pendidikan di Bumi Lancang Kuning. Pemprov Riau melalui Dinas Pendidikan Provinsi Riau pada 2023 akan melangsungkan pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) sebanyak 18 sekolah yang tersebar di kabupaten/kota.

Pembangunan sekolah baru dan kelas baru terus dilakukan agar segera rampung. "Untuk di Pekanbaru sudah ada 3 sekolah yang dilelang yakni SMAN 17, 18, dan 19. Sementara, untuk yang lain masih bertahap. Jika sudah selesai nantinya akan dilelang," katanya.

Kemudian, ada salah satu sekolah di Rokan Hulu (Rohul) yang juga sudah dilelang. Job sebut, lelang akan dilakukan secara bertahap untuk sekolah yang sudah rampung. Beberapa waktu lalu juga telah dilangsungkan peresmian SMAN 2 Mandau di Kabupaten Bengkalis.

Sekolah-sekolah pemerintah yang sedang dibangun pemerintah ini juga sebagai upaya mengatasi persoalan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang setiap tahunnya dikeluhkan karena kekurangan daya tampung sekolah negeri.

Dari 18 sekolah yang sedang dalam pembangunan, 14 di antaranya diperuntukkan SMA Negeri dan 4 lainnya SMK Negeri.

Rincian lokasi USB SMA dan SMK di antaranya SMAN 17 Jalan Parit Indah Pekanbaru, SMAN 18 Jalan Delima Pekanbaru, dan SMAN 19 Jalan Fajar Pekanbaru. Kemudian, SMAN 1 Batang Peranap Indragiri Hulu (Inhu), SMAN 2 Batang Cenaku Inhu, SMAN 2 Batang Gansal Inhu, SMAN Kemuning Indragiri Hilir.

Lalu, SMAN 2 Mandau Bengkalis, SMAN 3 Kubu Rokan Hilir, SMAN 3 Minas Siak, SMAN 3 Rimba Melintang Rokan Hilir, SMAN IV Koto Rokan Hulu, SMAN 4 Bangko Rokan Hilir, dan SMAN 8 Dumai.

Sementara itu untuk SMK yakni SMKN 4 Rambah Rokan Hulu, SMKN 2 Kandis Siak, SMKN 4 Mandau Bengkalis, dan SMKN 2 Rupat Bengkalis.

Sedangkan untuk ruang kelas baru (RKB) salah satunya juga menjadi prioritas untuk menampung peserta didik baru.

Dikatakannya, jumlah siswa tamatan SMP/MTs sederajat di Riau, khususnya di Pekanbaru, tidak sebanding dengan daya tampung sekolah negeri yang ada. (Rls/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar