5 Hektar Lahan Terbakar

Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Karhutla

im gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, BPBD, Damkar, Manggala Agni, dan Masyarakat Peduli Api (MPA) berjibaku memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Sabtu (29/7/2023)

PELALAWAN --(KIBLATRIAU.COM)--  Tim gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, BPBD, Damkar, Manggala Agni, dan Masyarakat Peduli Api (MPA) berjibaku memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk  Meranti, Kabupaten Pelalawan, Sabtu (29/7/2023) lalu.''Sekitar 50 personil gabungan turun melakukan pemadaman bersama masyarakat, di lahan gambut di Desa Pulau Muda," ujar Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto SH, SIK, melalui Kasi Humas, AKP  Edy Haryanto SH, akhir pekan lalu.

Dikatakan Kasi Humas, bawa tim gabungan harus berjibaku memadamkan lahan yang sebahagian telah ditanami sawit milik warga.Setelah awalnya terpantau oleh aplikasi Dasboard Lancang Kuning di Wilkum Polsek Teluk Meranti Polres Pelalawan, adanya  titik panas di Parit Baru RT.01 RW.09 Dusun 2, Pulau Muda, sejak Jumat (28/7/2023).Kemudian tim gabungan bersama-sama turun melakukan pemadaman api yang membakar sekitar 5 hektar tersebut yang jarak sekitar 60 kilo dari pusat kota Pangkalan  Kerinci.

Namun upaya petugas dalam melakukan pemadaman kebakaran lahan pun tidak mudah. Terlebih, lahan yang terbakar merupakan tanah gambut dan angin kencang ditambah lagi cuaca panas terik.Hingga tim gabungan terus  berupaya maksimal untuk  memadamkan api dan mengantisipasi kebakaran yang semakin meluas. Dengan dibantu satu unit helikopter milik BPBD yang turut melakukan pemadaman api.''Kini api telah padam, hingga Sabtu, tim masih melakukan pendinginan. Agar tidak timbul  kembali titip api, di atas lahan milik warga itu,'' tutur Edy, yang juga mantan Kapolsek Teluk Meranti tersebut. (Sa)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar