Bergulir 17-26 Agustus 2023

Timnas Indonesia U-23 akan berkiprah di Piala AFF U-23 2023

Pemain Timnas U-23 foto bersama

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Timnas Indonesia U-23 akan berkiprah di Piala AFF U-23 2023. Tim berjulukan Garuda Muda itu tergabung di Grup B.Piala AFF U-23 2023 bakal bergulir di Rayong dan Chonburi, Thailand, pada 17-26 Agustus 2023 dan diikuti sepuluh negara Asia Tenggara (ASEAN).Di Grup B Piala AFF U-23 2023, Timnas Indonesia U-23 akan melawan Timnas Malaysia U-23 dan Timnas Timor Leste U-23.Timnas Indonesia U-23 adalah juara turnamen ini pada 2019 ketika masih bernama Piala AFF U-22. Pada tahun lalu, Garuda Muda menarik diri akibat pandemi COVID-19.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, kemungkinan tidak akan memanggil pemain abroad seperti Marselino Ferdinan hingga Pratama Arhan ke Piala AFF U-23 2023.Apa sebab? Turnamen itu tidak masuk kalender FIFA. Shin Tae-yong juga mesti bernegosiasi dengan para pelatih di BRI Liga 1 2023/2024 untuk memanggil pemainnya lantaran penyebab yang sama.Jika Timnas Indonesia U-23 bisa turun dengan kekuatan terbaik meski minus pemain abroad di Piala AFF U-23 2023, bagaimana starting eleven terbaiknya? Berikut Bola.com mengulasnya.

Ernando Ari Sutaryadi masih menjadi kiper terbaik untuk Timnas Indonesia U-23. Namun, penjaga gawang asal Persebaya Surabaya itu masih mengalami cedera.Cedera Ernando Ari kemungkinan tidak terlalu parah sehingga masih berpeluang bermain untuk Garuda Muda di Piala Asia U-23 2023.Bagas Kaffa, Rizky Ridho, dan Komang Teguh menjadi pilihan terbaik di lini belakang. Lantas, siapa pengganti Pratama Arhan sebagai bek sayap kiri?Shin Tae-yong bisa saja bereksperimen dengan memasang Rio Fahmi di posisi itu mengingat keterbatasan stok bek sayap kiri yang tersedia. Pemain Persija itu berposisi asli sebagai bek sayap kanan.

Tanpa Marselino Ferdinan dan Ananda Raehan, Shin Tae-yong tidak perlu khawatir untuk mencari penggantinya. Arsitek asal Korea Selatan itu dapat memanfaatkan Beckham Putra dan Taufany Muslihuddin.Beckham akan bertugas sebagai kreator serangan, sementara Taufany menjadi gelandang box to box untuk menemani Alfeandra Dewangga yang dapat diplot sebagai gelandang jangkar.Belakangan, Dewangga mengalami evolusi posisi. Pemain berusia 22 tahun itu awalnya berperan sebagai bek tengah dan digeser sebagai bek sayap kiri sebelum mulai permanen menjadi gelandang bertahan.Menempatkan Dewangga sebagai pemain tengah akan jauh lebih efektif mengingat pemuda asli Semarang, Jawa Tengah, itu mempunyai keahlian dalam mengalirkan bola ke lini depan.

Trisula Fajar Fathur Rahman, Ramadhan Sananta, dan Witan Sulaeman masih menjadi pilihan yang realistis bagi Timnas Indonesia U-23. Nama terakhir pun mulai kembali menemukan sentuhannya.Fajar dan Sananta adalah dua pemain tersubur di SEA Games 2023 Kamboja. Keduanya sama-sama mencetak lima gol bersanding dengan penyerang Timnas Vietnam U-22, Nguyen Van Tung.Sebagai winger, Fajar mempunyai insting mencetak gol yang sangat tinggi. Padahal bersama Borneo FC Samarinda di BRI Liga 1, pemain berusia 21 tahun itu kerap dimainkan sebagai bek sayap kanan.Jika Witan masih angin-anginan, Shin Tae-yong memiliki opsi melimpah untuk posisi winger Timnas Indonesia U-23 semodel Irfan Jauhari dan Jeam Kelly Sroyer.(Net/Hen)


Prediksi Starting XI Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023


Timnas Indonesia U-23 (4-3-3): Ernando Ari; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Komang Teguh, Alfeandra Dewangga, Rio Fahmi; Taufany Muslihuddin, Alfeandra Dewangga, Beckham Putra; Fajar Fathur Rahman, Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman


Berita Lainnya...

Tulis Komentar