Persis Vs Persib di BRI Liga 1

Duel 2 Tim yang Punya Catatan Identik

Skuat Persis Solo foto bersama

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)--  Ambisi Persis Solo untuk kembali ke jalur kemenangan bakal terganjal ujian sulit saat menghadapi Persib Bandung pada pertandingan pekan ketujuh kompetisi BRI Liga 1 2023/2024.Menurut jadwal, duel antara Persis Solo kontra Persib Bandung ini bakal berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Selasa (8/8/2023) pukul 19.00 WIB. Kedua tim memang sama-sama dalam kondisi yang kurang optimal pada awal musim ini.Laskar Sambernyawa, misalnya, masih belum bisa meraih kemenangan pada tiga laga terakhirnya. Tim asal Kota Bengawan tercatat hanya mampu mengoleksi enam poin dari enam pertandingan.

Sementara itu, Maung Bandung juga belum bisa mencatatkan hasil yang memuaskan. Mereka hanya unggul satu poin dari Persis. Kini, Dedi Kusnandar dan kolega tertahan di peringkat ke-12 klasemen sementara.Pada enam laga awal musim ini, Persis Solo dan Persib Bandung memang baru memenangkan satu laga. Keduanya sebetulnya cukup produktif menghasilkan gol, tetapi sektor pertahanannya masih sama-sama rentan.Persis Solo dan Persib Bandung memang punya performa yang tak jauh berbeda pada awal musim ini. Bahkan, catatan produktivitas gol dan kebobolan yang dibukukan kedua kubu sangat identik.

Sejauh ini, keduanya sama-sama menghasilkan sepuluh gol dari enam laga. Produktivitas gol ini terhitung tinggi. Sebab, Persis Solo dan Persib Bandung hanya kalah dari Madura United dan Barito Putera yang sukses melesakkan 12 gol.Namun, problemnya memang baru terlihat pada sektor pertahanan. Mereka sejauh ini sudah sama-sama kemasukan 11 gol. Ini adalah catatan kebobolan terparah keempat setelah Arema FC (17 gol), Bhayangkara FC (12 gol), dan Persik Kediri (12 gol).Walaupun demikian, tren kebobolan ini sebetulnya sudah memperlihatkan perbaikan pada laga terakhir. Persis, misalnya, bermain imbang tanpa gol kontra Dewa United. Hasil serupa juga diraih Persib saat berjumpa Bali United.Uniknya, hasil imbang tanpa gol pada pekan keenam itu juga menjadi torehan nirbobol pertama bagi kedua tim pada seluruh laga di BRI Liga 1 2023/2024.

Catatan menarik lainnya yang terlihat dari kedua kubu ialah terjadinya perubahan formasi yang digunakan pada beberapa pertandingan terakhir di BRI Liga 1 2023/2024.Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, mulai mempertimbangkan efektivitas dari skema tiga bek sejajar. Pada laga terakhir kontra Dewa United, misalnya, pakem ini berubah menjadi format 4-2-3-1.Padahal, biasanya Laskar Sambernyawa tak jauh-jauh dari skema tiga bek sejajar, baik itu dengan skema 3-5-2 maupun variasi 3-4-3.Hal serupa juga dialami Persib Bandung. Setelah Luis Milla angkat kaki, pelatih terbarunya, Bojan Hodak, juga menyulap skema tiga bek sejajar menjadi skema 4-2-3-1 atau 4-3-3.Perubahan skema ini memang turut berdampak positif. Setidaknya, kedua tim sama-sama bisa menahan gempuran serangan lawan dan terhindar dari kebobolan pada pertandingan terakhirnya.(Net/Hen)


Prakiraan Susunan Pemain


Persis Solo (4-2-3-1): Pancar Nur; Eky Taufik, Rian Miziar, Jaimerson da Silva, Faqih Maulana; Sutanto Tan, Alexis Messidoro; Ramadhan Sananta, Arapenta Poerba, Moussa Sidibe; Fernando Rodriguez;
Pelatih: Leonardo Medina

Persib Bandung (4-2-3-1): Teja Paku Alam; Putu Gede, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Edo Febriansyah; Marc Klok, Dedi Kusnandar; Ezra Walian, Beckham Putra Nugraha, Ciro Alves; David da Silva;
Pelatih: Bojan Hodak
Prediksi Bola.com: 50:50

Selasa (8/8/2023)

Pukul 19.00 WIB

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar