Tak Terima di-PAW

4 Anggota Dewan Somasi kepada Ketua DPRD Bengkalis

Alponso Siallagan

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Sebanyak empat anggota DPRD Bengkalis mengirimkan somasi dan keberatan ke pimpinan DPRD Bengkalis, Khairul Umam. Ke empatnya tak terima atas proses pemberhentian antar waktu (PAW) secara sepihak yang dilakukan Khairul Umam.

Surat somasi itu dikirim pengacara ke empat anggota DPRD Bengkalis tersebut yakni Alponso Siallagan dari kantor hukum Patar Pangasian. 

Alponso mengatakan,bahwa ke empat anggota dewan yang menjadi kliennya yakni Al Azmi, Ruby Handoko alias Akok, Septian dan Safroni Untung. Dimana ke empatnya tak terima mendapat surat PAW 8 Agustus lalu dari Sekretariat Dewan (sekwan) DPRD Bengkalis.

"Kami menduga PAW tersebut dilakukan tanpa proses verifikasi alias sepihak, kami melihat ada perbuatan melawan hukum. Sehingga kami menempuh jalur hukum dan melayangkan gugatan ke PN Bengkalis," ungkp Alponso kepada wartawan, Jumat (1/9/2023).

Alponso mengaku ke empat anggota DPRD kaget setelah mendapat surat resmi dari Sekretariat Dewan. Surat itu berisi tentang keputusan PAW mereka dan diterima pada tanggal 8 Aguatus yang lalu.

Dalam gugatan di PN Bengkalis, ke empat anggota turut menggugat beberapa pihak. Mereka yang digugat mulai dari perangkat Partai Golkar baik DPC, DPD sampai DPP.


"Turut tergugat ketua DPRD Bengkalis (Khairul Umam), Sekwan, KPU, Bupati Bengkalis semua digugat. Tetapi Ketua DPRD Bengkalis tetap melanjutkan proses PAW terhadap klien kami," ucap Alponso.

Melihat upaya PAW itu, Alponso menilai Khairul Umam tak menghormati proses hukum. Ke empat anggota dewan lewat pengacaranya memberikan peringatan hukum berupa somasi pada tanggal 25 Agustus.

"PAW klien kami ini sangat aneh, tanpa klarifikasi dan pemberitahuan kepada klien kami, tiba-tiba ada surat sekwan menyebut mereka di PAW. Padahal saat itu DCS juga belum ada, apa alasan enggak dijelaskan, intinya tidak ada penjelasan, makanya harus dilakukan upaya hukum," tuturnya.


Tak sampai disitu, belakangan Alponso baru mengetahui jika 36 anggota DPRD lain juga mengajukan mosi tidak percaya. Tentu saja, hal itu sejalalan dengan surat somasi yang dilayangkan.

"Berjalannya somasi itu, ternyata ada 36 anggota dewan mengajukan mosi tidak percaya. Alasannya karena sering ketua DPRD berbuat semena-mena, ini mungkin beralasan," kata Alponso.

"Proses PAW ini harusnya tidak dijalankan, hormatilah proses hukum. Ada proses hukum yang harus dihormati karena mereka ini para pihak yang kita gugat dan jadi pihak terkait tergugat," pungkas Alponso. (Fik)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar