Pada FIFA Matchday

Inilah 4 Pemain Veteran yang Perkuat Timnas Indonesia Vs Turkmenistan

Pemain timnas senior

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tampaknya masih mengandalkan deretan pemain-pemain berstatus veteran saat menghadapi Turkmenistan pada agenda FIFA Matchday periode September 2023.Status pemain  veteran yang melekat pada beberapa pemain Timnas Indonesia ini didasarkan pada dua ukuran, yaitu usia dan jumlah penampilannya di level internasional. Sejauh ini, ada empat nama yang terhitung paling senior di skuad Garuda Muda.Sejatinya, masih ada  beberapa pemain yang punya jumlah caps melimpah bersama tim Merah Putih.

Namun, mengingat usianya masih terhitung muda, maka mereka tak masuk dalam pembahasan ini.Status pemain veteran di skuad Garuda memang memunculkan dua hal yang sangat kontras. Sebab, ada pemain senior dengan banyak jam terbang karena sudah memperkuat Timnas Indonesia sejak 2012.Ada pula pemain yang masuk kategori senior, tetapi jumlah capsnya tak terlalu mentereng. Ini karena mereka belum lama memperkuat tim Merah Putih. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

Salah satu pemain senior di skuad Timnas Indonesia saat ini ialah Marc Klok. Konsistensinya bersama Persib Bandung mengantarkan gelandang kelahiran Belanda ini kembali tampil di FIFA Matchday.Dari segi jam terbang, Klok memang baru  mengumpulkan 15 penampilan bersama skuad Garuda Muda. Jumlah ini memang tak begitu banyak. Sebab, dia baru mengukir debutnya pada medio Juni 2022.Selama setahun terakhir, Klok jadi andalan utama Shin Tae-yong di lini tengah. Pemain berusia  
30 tahun ini juga mampu menyumbangkan empat gol untuk Timnas Indonesia. Klok jadi salah satu pemain yang menarik dinantikan kiprahnya. Sebab, dia mencatatkan empat gol dan tiga assist untuk Persib Bandung di BRI Liga 1.

Bek keturunan Indonesia-Spanyol, Jordi Amat, juga layak menyandang gelar sebagai pemain veteran di Timnas Indonesia. Sebab, pemain yang kini merumput bersama Johor Darul Takzim (JDT) itu sudah berusia 31 tahun.Jordi Amat memang belum begitu  lama memperkuat skuad Garuda. Sebab, penampilan pertamanya bersama tim Merah Putih baru tercipta pada 23 Desember 2022, tepatnya pada Piala AFF 2022.Sejauh ini, bekas pemain Rayo Vallecano itu sudah mencatatkan tujuh penampilan bersama  Timnas Indonesia. Dari semua aksinya itu, Jordi Amat telah menyumbangkan satu gol, tepatnya pada laga FIFA Matchday kontra Burundi.

Pemain keturunan Belanda-Indonesia, Stefano Lilipaly, juga merupakan pemain veteran di Timnas Indonesia. Secara usia, pemain asal Borneo FC ini menjadi pemain paling senior kedua di skuad Garuda.Sebagai informasi, umurnya sudah menginjak 33  tahun. Namun, dia masih mampu bermain konsisten bersama klubnya di BRI Liga 1. Itulah sebabnya, pengalamannya masih sangat dibutuhkan Timnas Indonesia.Bersama skuad Garuda, dia sudah mencatatkan debut sejak 14 Agustus 2013. Setelah sempat  
bolak-balik dipanggil Timnas, pemain kelahiran 10 Januari 1990 itu sudah mengepak tiga gol dari 29 penampilannya di semua ajang internasional.

Jika dibandingkan seluruh pemain yang dipanggil Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto jelas menjadi pemain paling senior. Bek tengah berusia 34 tahun ini juga paling pas untuk menyandang status pemain veteran di skuad Merah Putih.Pasalnya,  Fachruddin menjadi pemain paling tua di Timnas Indonesia. Tak hanya itu saja, pemain asal Klaten, Jawa Tengah, ini juga tercatat sebagai penggawa paling lama yang bermain untuk skuad Garuda.Fachruddin telah membukukan debut bersama Timnas  
Indonesia sejak 5 Juni 2012. Jumlah caps yang dibukukan pemain Madura United itu juga menjadi yang tertinggi. Sampai saat ini, dia sudah mengukir 53 pertandingan internasional.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar